ANALISIS HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERAWAT RUMAH SAKIT XYZ DI TANGERANG SELATAN

Nurita Nurita, Andini Putri, Azzala Gold, Johannes Hamonangan Siregar

Abstract


Untuk menjaga reputasi Rumah Sakit yang baik dan meningkatkan mutu pelayanan, penting dipahami dengan baik sejauh mana kepuasan pasien terhadap layanan yang diberikan oleh perawat. Kualitas layanan perawat menjadi elemen penting dalam perawatan pasien dan kepuasan pasien menjadi salah satu indikator untuk mengukur layananan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kepuasan pasien dengan kualitas layanan perawat di Rumah Sakit XYZ di Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 50 pasien yang telah menerima perawatan di rumah sakit. Dari data yang diperoleh dilakukan analisa uji korelasi variabel kualitas pelayanan dan variabel kepuasan pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai korelasi variable kualitas layanan dan variable kepuasan pasien adalah 0.747, menunjukkan hubungan korelasi kuat. Pasien yang merasa puas dengan perawatan yang mereka terima cenderung melihat perawat sebagai penyedia layanan yang berkualitas. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan korelas yang kuat antara kepuasan pasien dan kualitas layanan yang diberikan oleh perawat di Rumah Sakit XYZ.  Hal ini dapat menjadi masukan bagi manajemen Rumah Sakit XYZ untuk meningkatkan kualitas layanan perawat dengan fokus pada aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pasien, yang nantinya akan meningkatkan reputasi rumah sakit.


Full Text:

PDF

References


Aji, B. P. S., Ahri, R. A., & Gobel, F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Kunjungan Balik Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa. Journal of Muslim Community Health, 3(4),

Anathasia, S. E., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit: Tinjauan Teoritis. Klinik, 2(2), 145–151.

Ariga, R. A. (2020). Standar Praktik Keperawatan Profesional, Asuhan Keperawatan, dan Pendidikan Keperawatan Seri Buku Ajar: Konsep Dasar Keperawatan. Deepublish.

Asriwati, Crystandi, M., & Fuqon, I. (2016). Pengaruh Faktor Knowledge Management Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Haji Medan Tahun 2020. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4), 1–23.

Dakhi, R. (2022). Metode penelitian administrasi kesehatan masyarakat. CV Sarnu Untung.

de Araujo, E. B. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Regional Eduardo Ximenes Baucau Timor Leste Tahun 2022. JURMIK (Jurnal Rekam Medis Dan Manajemen Informasi Kesehatan).

Fitri, M., Ulsafitri, Y., & Ardiani, Y. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Persalinan Dengan Kepuasan Ibu Bersalin Di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi. Human Care Journal, 8(1)

Hasibuan, E. K., & Sinurat, L. R. (2020). Manajemen dan Strategi Penyelesaian Masalah Dalam Pelayanan Keperawatan (Ahlimedia).

Kim, C. E., Shin, J.-S., Lee, J., Lee, Y. J., Kim, M., Choi, A., Park, K. B., Lee, H.-J., & Ha, I.-H. (2017). Quality of medical service, patient satisfaction and loyalty with a focus on interpersonal-based medical service encounters and treatment effectiveness: a cross-sectional multicenter study of complementary and alternative medicine (CAM) hospitals. BMC Complementary and Alternative Medicine, 17(1).

Mu’ah. (2014). Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien. Zifatama Jawara.

Oktavia, F., Astuti, V. S., & Busthomi, A. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan Dan Sosial, 5(2).

Permenkes. (2023). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023 Tentang Kesehatan Lingkungan. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Vol. 55).

Salsabila, L. N., & Agustina, D. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. Bioedutech: Jurnal Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Kesehatan. Bioedutech: Jurnal Biologi, Pendidikan Biologi, Dan Teknologi Kesehatan, 2(1).

Sari, R. Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III pada Rumah Sakit Islam Wonokromo Surabaya. Soetomo Management Review, 1(2), 188–204.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122

Wahyuni, S., & Pratiwi, W. N. (2022). Depresi, Stres, Kecemasan, dan Faktor Demografi terhadap Kejadian Hipertensi Usia 35-65 Tahun: Studi Cross-Sectional Sri. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 6(1), 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ