MUHAMMADIYAH DEPOK DALAM LINTAS SEJARAH PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA MELALUI PENDIDIKAN

Mahmudin Sudin, Budi Johan, Sularno Sularno, M. Reza Prima, Muhtadin Tyas

Abstract


Sangat penting dan tak akan pernah habis jika kita bicara sejarah dan sejarah perjuangan umat Islam dalam mendirikan bangsa dan negara kesatuan Republik in merebutnya dari ekuasaantangan Penjajah belanda dan Jepang. Hadirnya Muhammadiyah dalam perjuangan kemerdekaan negara dan membentuk barisan-barisan perjuangan Islam serta melakukan Gerakan-gerakan pencerdasan rakyat melalui berbagai sarana Pendidikan dan melembagakan Pendidikan, adalah sesuatu lukisan sejarah yang sangat menarik untuk terus dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk merekam jejak sejarah perjuangan umat Islam dan pendirian Muhammadiyah Depok serta perjuangannya dalam melawan dan mengusir penjajah Belanda melalui pendidika. Dengan metodologi kajian literasi, ketokohan, wawancara dan menemukan bukti-bukti perjuangan, dengan pendekatan kualitatif dan studi kesejarahan, maka peneliti berusaha seoptimalmungkin menhadirkan data-data yang empirik. Muhammadiyah Depok yang berdiri 16 Juni tahun 1918 oleh Muthalib Usman di Kukusan merupakan salah satu bukti perkembangan organisasi Muhammadiyah di Tanah Air. Depok pada tahun 1918 termasuk wilayah Indonesia yang masiih berkedudukan dalam pemerintahan Indonesia sebagai kecamatan, di bawah pemerintah Kabupaten Bogor Jawa Barat. Pada masa itu masih terjadinya penjajahan oleh Tentara Belanda. Kyai Muallim Usman, begitulah masyarakat mengenalnya adalah seorang tokoh masyarakat dan tokoh agama yang disegani termasuk oleh penjajah Belanda. Perjuangannya yang gigih mampu menggerakan masyarakat untuk melawan penjajah dengan berbagai strategi. Satu dari strategi atau uapaya yang dilakukannya adalah mendirilkan madrasah ibtidaiyyah di kukusan dan memabngun kekuatan pemuda. Daru upaya-upaya yang dijalankannya Bersama dengan para tokoh Islam lainnya, berhasil secara perlahamn-lahan mengusir penjajah Belanda dari tanah Depok. 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Zaenal. 2018, Jejak Langkah Sang Perintis; Selayang Pandang Muhammadiyah Di Kota Depok. Depok. DKM Al-Mujahidin Kukusan Depok.

___________, 2001. Mengenal Jejak Langkah dan Perjuangan Tokoh Muhammadiyah Ranting Kukusan: KH. M.Usman, Depok. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok.

Alfian. (1967), 1989. Muhammadiyah The political behacior Of a Muslim Modernist Organisation Under Dutch Colonialism, Yogyakarta, UGM.

Muhsin, MK. 2018. KH. M. Usman Perintis Muhammadiyah Depok, Ulama dan Pejuang Bangsa, Idea Publisging, DKM Al-Mujahidin Kukusan Depok.

Djamhur, Ibrahim, Baharuddin. Yakin, Syamsul. 2007. Jejak Langkah Islam Di Depok, Majelis Ulama Indonesia Kota Depok, Depok.

Napih., Nawawi, 2020. 30 Tahun Muhammadiyah Cabang Depok (1952-1982), Asal usul Tantangan dan Pengembangannya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok, CV. Semesta Irfani Mandiri.

Suharsimi, 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin Burhan, 2005.Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana. Brogger,2016, Sd Muhammadiyah plus pb, (http://www.blogspot.com, diakses 1 Desember

Drajat, Zakiah,2001, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. -----------------,2008. Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta: Bumi Aksara.

Hambali, Hamdan, 2006.Ideologi Dan Strategi Muhammadiyah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Hidayat, Syamsul, Studi Kemuhammadiyahan, Surakarta: LPID Malinda Giovani, 2016.Visi Misi Muhammadiyah, (http://www.gurupintar.com, diakses 28 desember.

Mulkhan, Munir, 2000. Warisan Intelektual KHA.Dahlan dan Amal Muhammadiyah.Yogyakarta: Persatuan

Nashir, Haedar, 2006. Meneguhkan Ideologi Gerakan Muhammadiyah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Pasha Kamal Musthafa & Darban Adaby Ahmad, 2005. Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam: Citra Karsa Mandiri. --------------, dkk.2000.

Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam, dalam Perspektif Historis Dan Ideologis, Yogyakarta: LPPI UMY 48 Pimpinan Pusat Muhammadiyah,2004.

Pedoman Hidup Islami warga Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah. Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2012.

Pedoman Hidup Islami warga Muhammadiyah.Yogyakarta: Suara Muhammadiyah. Ramayulis, 2002,

Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Saputra Ragel.2016.

Maksud dan Tujuan Muhammadiyah, http:// www. blogspot.com. diakses 25 Desember, Suara Muhammadiyah.

Sukardi, 2003.Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sutarmo,2005 Muhammadiyah Gerakan Sosial Keagamaan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Tafsir, Ahmad. 2004. ilmu pendidikan islam. bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Umar Bukhari & Zuhairini, 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ