Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Raya Serang - Cilegon Dengan Menggunakan Metode Batas Kontrol Atas Dan Z-Score

Muhammad Oka Mahendra, Arbi Parianta Lukman, Falah Naufal Rifqi

Abstract


Jalan Raya Serang – Cilegon KM 6+000 sampai dengan KM 13+000 merupakan jalan Arteri Primer dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi maka tak heran sering terjadi kecelakaan. Jalan raya Serang – Cilegon KM 6+000 sampai dengan KM 13+000 memiliki beberapa titik perkerasan yang masih rusak, rambu dan penerangan yang masih minim. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik kecelakaan, inspeksi kecelakaan lalu lintas, dan solusi peraturan yang berlaku di Indonesia sehingga diharapkan akan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Khususnya pada Jalan Raya Serang – Cilegon KM 6+000 sampai dengan KM 13+000 di KM 9+000 dan KM 11+000 menjadi lokasi rawan kecelakaan (Black Spot). Pada ruas Jalan Raya Serang – Cilegon KM 6+000 sampai dengan KM 13+000 data korban kecelakan lalu lintas tahun 2018-2022 diperoleh dari Polres Serang Kabupaten dan Polres Serang Kota. Berdasarkan data tersebut, dihitung agka kecelakaan dengan metode EAN (Equivalent Accident Number) dan dianalisia untuk mendapatkan daerah rawan kecelakaan (Black Spot) dengan menggunakan metode BKA (Batas Kontrol Atas) dan Z-Score. Hasil analisis menunjukkan bahwa KM 9+000 (EAN+222) dan KM 11+000 (EAN=198) teridentifikasi Black Spot karena memiliki angka kecelakaan EAN melebihi batas control BKA dan Z-Score, dimana pada KM 9+000 BKA = 163, Z-Score  = 0,13 dan pada KM 11+000 BKA = 163, Z-Score = 0,07


Full Text:

PDF

References


Bolla.Margareth. (2013). [17] Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. II(2), 191–200.

Daniati, S. (2022). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Kinali-Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat. 1(1), 15–62.

Darmawan, A., & Arifin, Z. N. (2020). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan (Blackspot) Di Jalan Tol Jagorawi. Construction and Material Journal, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.32722/cmj.v2i1.1256

Enggarsasi, U., & Sa’diyah, N. K. (2017). Kajian Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas. Perspektif, 22(3), 228. https://doi.org/10.30742/perspektif.v22i3.632

Fahza, A. (2019). 42123-84422-1-Pb. Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol, 08(1), 54–59.

Juliyanti, W. I., Mukti, E. T., & Kadarini, S. N. (2019). ( Studi Kasus Jalan Komyos Sudarso ). 1–10.

Kajian, J., Sipil, T., Kecelakaan, A., Lintas, L., Faktor, D. A. N., Di, P., Sipil, J. T., Teknik, F., Sultan, U., Tirtayasa, A., Jendral, J., Km, S., Cilegon, K., & Indonesia, B. (2019). an kaki ), kondisi jalan , kondisi kendaraan , cuaca dan pandangan yang terhalang ..

Khasanah, F. N., & Rachman, A. N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pbb. Inventory: Jurnal Akuntansi, 5(1), 67. https://doi.org/10.25273/inventory.v5i1.8615

Kurniawan, F., Dermawan, D., & Dinaryanto, O. (2014). Sistem Pengatur Lalu-lintas Terjadwal dan Terkoordinasi untuk Persimpangan Gondomanan, Kantor Pos, dan Bintaran. ReTII, 167–175.

Lady, Rizqandini, T. (2020). Efek usia, pengalaman berkendara, dan tingkat kecelakaan terhadap driver behavior pengendara sepeda motor. Jurnal Teknologi, 12(1), 57–64.

Malang, U. M., Sutriasti, M. R., Prihantono, H., & Prihatiningsih, B. (2022). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Sudanco Supriadi Kota Malang. 1, 62–70.

Ngurah, I. G., Wismantara, N., Riana, N., & Nenta, Y. R. (2022). Analisa Kecelakaan Lalu Lintas di Ruas Jalan Bypass Ngurah Rai Kota Denpasar. 5(2), 122–131. https://doi.org/10.38043/telsinas.v5i2.4113

Oktopianto, Y., Shofiah, S., Rokhman, F. A., Wijayanthi, K. P., & Krisdayanti, E. (2021). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan (Black Site) Dan Titik Rawan Kecelakaan (Black Spot) Provinsi Lampung. Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil, 5(1), 40–51. https://doi.org/10.35334/be.v5i1.1777

Pradyavita, V., Zainul, M., & Abusini, S. (2023). MODEL PELUANG KECELAKAAN MOBIL PENUMPANG KABUPATEN PASURUAN. 17(2), 230– 236.

Sari, R. R., Amarullah, M., Kristiyanti, N., & Kunci, K. (2017). Penentuan Titik Rawan Kecelakaan ( Black spot ) Berdasarkan Angka Ekuivalen Kecelakaan pada Ruas Jalan PH . H Mustofa - AH . Nasution Di Kota Bandung.

Sugiyanto, G., & Fadli, A. (2016). Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode Batas Kontrol Atas Dan Upper Control Limit. Jurnal Program Studi Teknik Sipil https://scholar.archive.org/work/u4vfti5g75bybfapksrs5lwcz4/access/wayback/ht tps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jtsp/article/downloadSuppFile/10768/152 1

Sulistio, H. (2008). Keselamatan Transportasi Jalan Di Indonesia Saatnya Ada Perubahan. Jurnal Transportasi, 8(2), 89–102.

Syaban, A. S. N., Azizah, E., & Wijianto, W. (2021). Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Hayam Wuruk Dikabupaten Jember. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 8(2), 166–173. https://doi.org/10.46447/ktj.v8i2.404


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ