Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Mitigasi Bencana Berbasis Augmented Reality

Talia Novitasari, Lativa Qurrotaini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) berupa buku cerita yang fokus pada mitigasi bencana. Media edukasi ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar mengenai langkah-langkah mitigasi bencana melalui pengalaman yang menarik, interaktif, dan visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap implementasi, SDN Grogol 1 diuji coba kepada siswa sekolah dasar kelas V untuk mengevaluasi efektivitas dan penerimaan lingkungan pembelajaran ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang mitigasi bencana meningkat secara signifikan. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 60 pada pre-test menjadi 80 pada post-test, dan nilai tertinggi adalah 90 setelah menggunakan metode pembelajaran ini. Selain itu, jumlah siswa yang lulus belajar meningkat dari 3 siswa pada pra ujian menjadi 7 siswa pada pasca ujian, dan tingkat kelulusan meningkat dari 58,89% menjadi 81,11%. Responden memberikan tanggapan positif terhadap kemudahan penggunaan dan interaksi media. Kesimpulannya, lingkungan pembelajaran buku cerita berbasis AR ini merupakan lingkungan pembelajaran mitigasi bencana yang efektif dan dapat diterapkan secara luas di berbagai sekolah dasar.

Kata kunci: Media Buku Cerita, Mitigasi Bencana, Augmented Reality


Full Text:

PDF

References


Qurrotaini, L., dan Nuryanto, N. (2020). Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Dalam Pembelajaran IPS SD. Jurnal pendidikan dasar, Vol.2 No (1), 38.

Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, Jawa Timur

Undang-undang No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana

Nurjanah, S., dan Mursalin, E. (2022). Pentingya Mitigasi Bencana Alam Longsor Lahan: Studi Persepsi Mahasiswa. Jurnal Basicedu Vol. 6 No. (1), 519.

Monica, widya A dan Qurrotaini, L. (2019). Pengembangan Media Evaluasi Berupa Permainan Dona (Ludo Fauna) Pada Materi Daur Hidup Hewan. Prosiding SEMNASFIP

Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D.

Soesilo, Andhi, and Ashiong Parhehean Munthe. 2020. “Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(3):231–243. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243.

Kalvadema, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Kontekstual pada Materi Virus untuk Siswa SMA Kelas X MIPA. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi (tidak dipublikasikan).

Fitria, Ayu. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini. Vol 5, No. (2), 58.

Mustaqim, I., dan Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal edukasi elektro Vol.1 No. (1), 37.

Pakpahan, R., dan Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ