Dampak Penggunaan Influencer Tasya Farasya di Media Sosial Tiktok terhadap Brand Awareness Produk Kosmetik Oh My Glam (OMG)

Agnia Mumtaza, Nani Nurani Muksin, Shafira Rixas, Hana Afni Reihana

Abstract


Di era digital yang terus berkembang, penggunaan media sosial sebagai platform pemasaran  untuk meningkatkan kesadaran merek produk menjadi semakin penting. Artikel ini menganalisis dampak penggunaan influencer Tasya Farasya di TikTok terhadap brand awareness OMG Kosmetik. Melalui konten kreatif dan interaksi  dinamis, Tasya berhasil menarik perhatian masyarakat luas, Khususnya anak muda. Keahliannya dalam memberikan ulasan yang jujur dan empati memperkuat kepercayaan konsumen terhadap merek tersebut. Peningkatan kesadaran dan minat audiens ini berkontribusi pada peningkatan penjualan produk OMG. Studi ini menunjukkan bahwa kolaborasi dengan influencer terkenal dapat memberikan hasil yang signifikan dalam strategi pemasaran  media sosial, menyoroti pentingnya merek berinovasi dan beradaptasi dalam menghadapi dinamika pasar yang kompetitif. Dengan berkembangnya media sosial, influencer marketing menjadi strategi yang efektif bagi perusahaan khususnya kosmetik untuk menarik perhatian konsumen. Tasya Farasya, beauty influencer ternama di Indonesia, dipilih karena pengaruhnya yang kuat di kalangan pengguna TikTok, khususnya di kalangan generasi muda. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sasaran responden pengguna TikTok yang  melihat konten Tasya Farasya terkait produk OMG.Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Tasya Farasya sebagai influencer memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan brand awareness OMG di kalangan konsumen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa  popularitas, kredibilitas, dan gaya penyampaian konten Tasya Farasya mampu menciptakan kesan positif dan memperkuat citra  OMG Cosmetics di pasar. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap pengembangan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan influencer yang tepat untuk meningkatkan daya tarik.


Full Text:

PDF

References


Ki, C. W., Cuevas, L. M., Chong, S. M., & Lim, H. (2020). Influencer Marketing on Social Media: A Review of the Literature. Journal of Digital & Social Media Marketing, 8(4), 269-279.

Casaló, L. V., Flavián, C., & Guinalíu, M. (2007). The Impact of Online Trust on Consumer Behaviour: The Moderating Role of Social Influence. Internet Research, 17(2), 202-226.

Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer Marketing: Implications for Brands. Journal of Advertising Research, 59(4), 7-19.

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. Pearson.

Zhang, M., & Mao, H. (2020). Exploring the Role of Social Media in Influencer Marketing: An Empirical Study on TikTok. Journal of Digital & Social Media Marketing, 8(2), 211-223.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications. .

Fowler, F. J. (2014). Survey Research Methods (5th ed.). SAGE Publications.

Wright, K. B. (2005) Researching Internet-based populations: Advantages and disadvantages of online survey research, online questionnaire authoring software packages, and Web survey services. Journal of Computer-Mediated Communication, 10(3), Retrieved February 5, 2006

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing (2nd ed.). Pearson.

Cunningham, S., & Craig, D. (2019). Social Media and the Public Sphere: The New Frontier of Communication and Marketing. Journal of Social Media Studies, 5(1), 45-60.

Van Doorn, J., Leeflang, P. S. H., & Tijs, T. (2010). The Role of Social Media in Consumer Decision Making: A Review and Framework for Future Research. Journal of Marketing Management, 26(5-6), 544-561.

Mujahidain, Damurrosysyi, and Nani Nurani Muksin. (2023). Strategi Komunikasi Bisnis Melalui Re-Branding Virtual Metaverse Dalam Menjawab Tantangan Bisnis Industri 5.0. Jurnal Perspektif, 2(3), 181-190.

Putera, R. A., Muksin, N. N., & Swarnawati, A. (2022). Endorse effect Ade Govinda's selebgram and Instagram post@ BM. Original account for followers' interest in buying sneakers shoes. Jurnal Multidisiplin Sahombu, 2(1), 36-44.

Scott, J. (2017). Social network analysis (4th ed.). SAGE Publications Ltd


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ