Perancangan Data Warehouse dan Implementasi Tableau Untuk Analisis Data Pelanggan Dalam E-Commerce Uniqlo

Irna Fiqrunnisa, Klarissa Margie M.K., Atha Faticha Zamza, Cahyono Budy Santoso

Abstract


Data merupakan aset penting yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan strategis. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan berbagai macam data adalah Uniqlo, yang menggunakan data pelanggan, data produk, data transaksi, dan data toko, baik untuk kemajuan bisnis maupun untuk pencatatan historis perusahaan. Untuk mendukung pengolahan data tersebut secara optimal, diperlukan teknologi data warehouse. Teknologi ini merupakan salah satu inovasi yang dapat membantu perusahaan besar seperti Uniqlo dalam mengintegrasikan dan mengelola data dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan data warehouse di perusahaan Uniqlo guna mempermudah proses pengelolaan dan integrasi data, serta menghasilkan keputusan yang lebih cepat dan akurat. Studi ini membahas perancangan data warehouse dengan visualisasi data menggunakan Tableau, serta menganalisis data pelanggan E-Commerce Uniqlo menggunakan pendekatan Nine Steps Methodology.

Kata kunci: Data warehouse, Nine-steps Methodology, Teknologi.

Full Text:

PDF

References


Yuniawati, Y., & Istichanah, N. (2023). Pengaruh Diskon, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Produk UNIQLO. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(3), 321–327.https://doi.org/10.47065/jtear.v3i3.596

Qadri, R. A., Cuandra, F., Dewi, S., Aurellia, A., Jeslin, N., Kristina, N., & Sherry, N. (2022). Analisa Pengaruh Manajemen Rantai Pasok dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan UNIQLO dengan Menggunakan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(9), 2175–2186. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i9.2125

Subuh, D., & Yasman, W. (2019, February 2). Implementasi Data Warehouse Dan Penerapannya Pada Toko Magnifique Clothes Dengan Menggunakan Tools Pentaho. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/seniati/article/view/688/640

Akbar, M., & Rahmanto, Y. (2020, December 31). DESAIN DATA WAREHOUSE PENJUALAN MENGGUNAKAN NINE STEP METHODOLOGY UNTUK BUSINESS INTELEGENCY. Retrieved from https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/331/197

Ngo, V. M., Le-Khac, N., & Kechadi, M. (2019). Designing and Implementing Data Warehouse for Agricultural Big Data. In Lecture notes in computer science (pp. 1–17). https://doi.org/10.1007/978-3-030-23551-2_1

Batt, S., Grealis, T., Harmon, O., & Tomolonis, P. (2020). Learning Tableau: A data visualization tool. The Journal of Economic Education, 51(3–4), 317–328. https://doi.org/10.1080/00220485.2020.1804503

Yashu, N., Sharma, R., Kumar, M., & Manwal, M. (2024). Utilizing Recurrent Neural Networks for Predicting UNIQLO Stock Prices: An Analysis of Long-Term Patterns and Trends. UNIQLO, 1–4. https://doi.org/10.1109/wconf61366.2024.10692116


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ