Pengaruh Pesan Kampanye Public Relations #Respectmybody Terhadap Peningkatan Brand Awareness Somethinc

Maulana Setyo Saputro, Raditia Erlangga, Syahna Mufarrihah Siregar, Nani Nurani Muksin

Abstract


Industri kosmetik yang semakin berkembang dengan beragam tingkatan perusahaan telah mempengaruhi jumlah konsumen kosmetik di Indonesia. Dalam konteks ini, setiap perusahaan perlu menciptakan dan memperkuat citra merek untuk membedakan diri dari pesaing. Sebagai contoh, Somethinc sebagai merek kecantikan meluncurkan kampanye #RespectMyBody di Instagram dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan memperkenalkan produk mereka ke masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan teori Kampanye Public Relations (Newsom, Scoot, & Turk, 1997 dalam Ruslan, 2021) dan teori Brand Awareness (Kotler & Keller, 2016). Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 90 responden yang dipilih menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel secara acak. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara efektivitas kampanye dengan peningkatan brand recall dan brand recognition. Selain itu, media sosial, terutama Instagram, terbukti efektif dalam menjangkau audiens lebih luas dan memperkuat visibilitas merek. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kampanye Public Relations yang dirancang dengan strategi yang sesuai dengan nilai-nilai yang relevan bagi audiens target dapat meningkatkan brand awareness secara signifikan. Somethinc dapat memanfaatkan pendekatan ini untuk memperkuat posisi merek mereka di pasar yang kompetitif. Secara praktis, penelitian ini menunjukkan pentingnya perusahaan dalam merancang kampanye yang tidak hanya berfokus pada promosi produk, tetapi juga menyampaikan pesan yang memiliki dampak sosial positif.


Full Text:

PDF

References


BUKU

Jefkins, F. (2017). Public Relations: Disempurnakan Daniel Yadin. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P.T., Keller, K.L., Brady, M., Goodman, Hansen, T. (2019). Marketing Management. Singapore: Pearson Education.

Nasrullah, R. (2020). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Perloff, Richard M. (2017). The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in The 21st Century. London: Lawrence Elbaum Associates.

Ruslan, R. (2021). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujanto, R. (2019). Pengantar Public Relations di Era 4.0: Teori, Konsep, dan Praktik Kasus Terkini. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Wardhana, A. (2022). Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung: Media Sains Indonesia.

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku

JURNAL

Ardy, G., & Natalia, E. C. (2022). Pengaruh Kampanye PR Gojek #PesanDariRumah terhadap Kesadaran Konsumen dalam Menaati Protokol Gojek J3K. Jurnal Komunikasi Pembangunan. 20(02): 192–206.

Sitindaon, M. (2021). Pengaruh Pesan Kampanye Anti Merokok Terhadap Sikap Masyarakat. Inter Script: Journal of Creative Communication. 3(1): 26–38.

Syafrikurniasari, N., Widiani, P. (2020). Pengaruh Pesan Kampanye No Straw Movement Di Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. Jurnal Lugas. 4(1): 17–26.

Yulianti, D. P., & Muksin, N. N. (2024). Pengaruh Kampanye Public Relations# Generasikulit Sehat Terhadap Brand Image Npure (Survei Terhadap Followers Instagram@ Npureofficial). SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 295-306.

WEBSITE

https://www.thebodyshop.co.id/media/report/Indonesia_Self_Love_Country_Report_Translated.pdf (Diakses Pada 11 Januari 2023)

https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022 (Diakses Pada 15 Desember 2022)

https://www.industry.co.id/read/102294/somethinc-bangkitkan-semangat-self-love-melalui-kampanye-respectmybody-di-hari-kasih-sayang (Diakses Pada 16 Desember 2022)

https://kumparan.com/kumparanwoman/bincang-karier-dengan-irene-ursula-sosok-di-balik-brand-kecantikan-somethinc-1xgWY9kmA6Z (Diakses pada 18 Desember 2022)

https://www.paper.id/blog/berita-acara-umkm/somethinc-produk-kosmetik-ternama-yang-mengguncang-pasar-indonesia/ (Diakses pada 11 Januari 2023)

Instagram @Somethinc (Diakses pada 11 Januari 2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ