Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ber Basis Project Based Learning (Studi Analisis Pada Kelas X Di Sma Dharma Karya UT Tangerang Selatan)
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) merupakan model pembelajaran inovatif yang menitik beratkan peserta didik dalam memecahkan suatu masalah dengan menghasilkan suatu produk, membuat keputusan, melakukan kegiatan investigasi sehingga kreativitas dan motivasi peserta didik meningkat. Guru sebagai fasilisator memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengembangkan potensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI dan mengidentifikasi hasil penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Dharma Karya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan harian, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan. 1) Penerapan pembelajaran project based learning ini dilakukan dengan beberapa tahap, di antaranya tahap penentuan pertanyaan dasar; tahap perencanaan proyek; tahap menyusun jadwal; tahap memonitoring kegiatan siswa; tahap menguji hasil; dan tahap mengevaluasi pengalaman. 2) Hasil dari penerapan pembelajaran project based learning pada pada mata pelajaran PAI menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran berpusat pada siswa, siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI menunjukkan peningkatan hasil belajar di siklus I sebesar 45% dan di siklus II sebesar 85%.
Kata Kunci ; Pembelajaran PAI, Model Project Based Learning.
Full Text:
PDFReferences
Gora, Winastwan dan Sunarto. (2010).
PAKEMATIK: Strategi Pembelajaran Inovatif
Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model DanMetode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa.Yogyakarta: deepublish.
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran
Dilengkapi dengan Model Pembelajaran,
Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,
dan Kontekstual. Jakarta: Rawamangun.
Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat
Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaranm, dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Mariyaningsih, Nining dan Mistina Hidayati. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas- Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.
Marwiyah, dkk. (2018). Perencanaan Pembelajaran
Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum
Yogyakarta: Deepublish
Majid, Abdul. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sani, Ridwan Abdullah. (2014).
Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Maryani, Ika dan Laila Fatmawati.
(2018). Pendekatan Scientific
dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Deepublis
Asiah, Nur. 2014. Inovasi pembelajaran. Bandar Lampung: Anugrah Raharja.
Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Zuhairini. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Pers.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Perana Ilmu.
Wena, Made. 2 0 1 4 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: Bumi Aksara
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================