Algoritma Apriori Untuk Strategi Bundling (Studi Kasus : Sevendays Coffee Shop, Cilegon. Banten)

Al Fiillian Sah Putra, Haechal Fachar Qishas, Yowarigo Putra Purnama, Safri Safri, Mohamad Jihan Shofa

Abstract


Sevendays coffee shop seringkali menggunakan strategi pemasaran produk yang masih berdasarkan perkiraan dan belum memiliki pedoman yang jelas. Tujuan penelitian mengusulkan panduan strategi pemasaran khususnya terkait dengan bundling dengan menggunakan algoritma apriori. Langkah-Langkah yang dilakukan adalah pemilihan data, persiapan data dan proses analisis data menggunakan pendekatan algoritma apriori serta interpretasi data. Data yang digunakan adalah data transaksi bulan januari – maret  2024 yang bersumber dari data sekunder sevendays coffee shop. Persiapan data yang dilakukan meliputi pemastian data terbebas dari data yang tidak konsisten dan data yang missing value sekaligus tidak ada replikasi data. Pengolahan data menggunakan algoritma apriori dengan bantuan software rapidminer. Hasil yang diperoleh terdapat 627 rule pada transaksi bulan januari – maret. Hasil pengujian membentuk 30 pola penjualan bundling yang bisa dijadikan item yang saling berkaitan dengan item lain dalam pola penjualan. Saran penelitian pola ini dapat dimanfaatkan pemilik sevendays coffee shop untuk menyusun bundling yang meningkatkan penjualan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran.

Kata kunci: Algoritma Apriori, Bundling, Kedai Kopi, Pola Penjualan, RapidMiner


Full Text:

PDF

References


Aulia Miranda, Sherina, Fahrullah Fahrullah, and Deddy Kurniawan. 2022. “Implementasi Association Rule Dalam Menganalisis Data Penjualan Sheshop Dengan Menggunakan Algoritma Apriori.” Metik Jurnal 6(1):30–36.

Budiantara, Alfha Farrel, and Cahyani Budihartanti. 2020. “Implementasi Data Mining Dalam Manajemen Inventory Pada Pt. Mastersystem Infotama Menggunakan Metode Algoritma Apriori.” PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer 7(1):26–31.

Butar-butar, Dwi Fany Fransiska Dewi. 2024. “Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah.” Jurnal Visi Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen 6(2):110–14.

Fauzan, Azmi, Rusilanti, and Guspri Devi Artanti. 2023. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Kedai Kopi Gans Oemah Eyang.” Journal of Comprehensive Science 2(8):1332–40.

Hermawan, Yanto, Dina Maylani, and Mumuh Mulyana. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Smartphone Samsung Di Bogor.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 9(3):641–52.

Kusen, Cerry Ryly, Marjam Mangantar, and Imelda W. .. Ogi. 2022. “Evaluasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Rumah Makan Rica Tampurung Manado Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 10(3):154–64.

Langapa, Billy V., Willem J. F. A. Tumbuan, and Yunita Mandagie. 2021. “Analisis People, Process, Dan Physical Evidence Terhadap Tingkat Penjualan Mobil Mitsubishi Xpander Ultimate Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Pt Sinar Gorontalo Berlian Motor Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 9(3):1225–34.

Mukhsinuddin, Mukhsinuddin, Syarifah Rohana, and Amrizal Hamsa. 2023. “Strategi Komunikasi Bisnis Warung Kopi Sebagai Metode Dakwah Di Aceh.” Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 14(2):189–211.

Novitasari, Eka, Teguh Priyo Sudono, and Irmasanthi Danadharta. 2024. “Branding Ejji Coffee Corner Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggannya.” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi (SEMAKOM) 2(1):805–14.

Nugraha, Zulhilmi Dharma, Nahar Mardiyantoro, Dimas Prasetyo Utomo, Iman Ahmad Ihsannuddin, and Nulngagan. 2023. “Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Di Armada Computer Menggunakan Algoritma Apriori.” STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer 2(1):25–31.

Rambe, Aripin, Dinur Syahputra, and Baginda Harahap. 2023. “Implementasi Algoritma Apriori Pada Pola Pemilihan Menu Di Murai Kupi Menggunakan Rapid Miner.” Jurnal Minfo Polgan 12(1):1569–79.

Saputra, Agus Aditya Arisandi, Anwar

Hafidzi, and M. Hanafiah. 2023. “Analisis Strategi Penjualan Sayuran Dengan Menggunakan Teknik Borongan (Studi Kasus Penjual Sayur Di Pasar Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut).” Indonesian Journal of Islamic Jurisprudence, Economic and Legal Theory 1(4):842–51.

Siregar, Paris Saraswati. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Saat Pendemi Covid-19 Pada Coffee Shop Di Kuala Kapuas (Studi Kasus Pada ‘Grandmi Official’).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 22(2):94–107.

Soleha, Erin, Zulfa Zakiatul Hidayah, Indra Permana, and Ahmad Rasyiddin. 2024. “Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Dan Digital Marketing Pada Usaha Kopi ‘ SIDJIE .’” Inovasi Sosial: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(3):24–30.

Sudibyo, Sukemi Kamto. 2022. Manajemen Keuangan. Vol. 11. edited by K. Purwantini. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Susanti, Ardina, Putu Surya Triana Dewi, and I. Wayan Yogik Adnyana Putra. 2021. “Desain Interior Coffee Shop Di Denpasar Dan Loyalitas Konsumennya : Generasi Y Dan Z.” Waca Cipta Ruang: Jurnal Ilmiah Desain Interior 7(1):1–17.

Robby Takdirillah. 2020. “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan.” Edumatic : Jurnal Pendi

dikan Informatika 4(1):37–46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ