Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Program Paket C di PKBM 01 Aisyiyah Poris Tangerang

Diah Mutiara, Siti Rohmah, Sa’diyah Sa’diyah, Milana Abdillah Subarkah, Hasnida Hasnida

Abstract


Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi warga belajar di PKBM. Warga belajar pada PKBM sebagian besar adalah orang dewasa yang membutuhkan ijazah penyetaraan untuk kepentingan mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk ketercapaian tujuan pembelajaran PAI pada Pendidikan kesetaraaan Program Paket C diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui tentang strategi pembelajaran PAI pada Program Paket C di PKBM. Metode  pada  penelitian  ini  yaitu  menggunakan metode  penelitian  kualitatif. Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Program Paket C di PKBM 01 Aisyiyah Poris Tangerang adalah sebagai berikut: 1) Srategi dengan pola kegiatan pembelajaran yang dipilih dan digunakan tutor secara kontekstual sesuai dengan karakteristik warga belajar, 2) Strategi dengan pola kegiatan pembelajaran yang dipilih dan digunakan tutor sesuai dengan kondisi tempat belajar, dan lingkungan sekitar, dan 3) Strategi dengan pola kegiatan pembelajaran yang dipilih dan digunakan tutor sesuai dengan perencanaan, proses dan evaluasi yang telah dirumuskan.

Kata kunci: Strategi Pembelajara, Pendidikan Agama Islam, Program Paket C


Full Text:

PDF

References


Dedi Mulyasa, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011)

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/15/jumlah-penduduk-di-38-provinsi-indonesia-desember-2023, diakses 14 Mei 2024

Al-Muchtar, Suwarna, dkk. Strategi Pembelajaran PKn. Jakarta: Universitas Terbuka, 2017

Beckman, Pat. Strategy Instruction. 2004(http://ercec.org/digests/e638.html)

Gerlach, Vernon S and Donald P. Ellly. Teaching and Media: A Systematic Approach. Englewood Cliffs, N J : Prentice-Hall, 1971

Santiasih, N. L. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar ipa siswa kelas v sd no. 1 kerobokan kecamatan kuta utara kabupaten badung tahun pelajaran 2013/2014. eJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Husniyatus Salamah Zainiyati (2010), Model dan Strategi Pembelajaran Aktif, Putra Media Nusantara, Surabaya, 2020

Diah Mutiara (2020). Strategic Management in Achieving Service Standars At the Center For Community Learning Activities (PKBM): Asian Journal of Contemporary Education

Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Kependidikan, 10(1)

Abd. Rahman Bahtiar, Prinsip-prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2019 Jurnal Tarbawi| Volume 1|No 2| ISSN 2527-4082|

Dodi Alamsyah, Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket C, Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, Vol 1 No. 1 Januari (2022)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ