Perbandingan Pembelajaran dengan e-Learning dan m-Learning di Perguruan Tinggi

Authors

  • Rufman Iman Akbar E Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Disain, Universitas Pembangunan Jaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh e-learning dan m-learning terhadap hasil belajar, keterlibatan, serta persepsi mahasiswa pada mata kuliah "Komputer dan Masyarakat" di Program Studi Teknologi Informasi Universitas X. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan dua kelompok mahasiswa, di mana kelompok pertama menggunakan e-learning dan kelompok kedua menggunakan m-learning. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test, observasi keterlibatan, dan kuesioner persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan dalam hasil pre-test kedua kelompok. Namun, hasil post-test menunjukkan bahwa mahasiswa yang menggunakan m-learning memiliki hasil belajar yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan e-learning. Selain itu, mahasiswa di kelompok m-learning juga menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan persepsi yang lebih positif terkait kemudahan akses, fleksibilitas, serta kepuasan. Dengan demikian, m-learning terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan mahasiswa di perguruan tinggi. Kata kunci: e-learning, m-learning, hasil belajar, keterlibatan, persepsi mahasiswa

Author Biography

Rufman Iman Akbar E, Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Disain, Universitas Pembangunan Jaya

Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Disain, Universitas Pembangunan Jaya

References

Agah Tugrul Korucu, A. A. (2021). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Social and Behavioral Sciences, 15.

Akbar, R. I. (n.d.). PEMANFAATAN HYPERTEXT DALAM PEMBELAJARAN | Akbar | SISFOTENIKA. SISFOTENIKA. Retrieved June 17, 2021, from http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST/article/view/68/72

Ally, M. (2019). Mobile Learning: Transforming the Delivery of Education and Training. AU Press.

Bandura, A. (2018). Toward a psychology of human agency: Pathways and reflections. Perspectives on Psychological Science, 13(2), 130–136.

Bloom, B. S. (1985). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook II: Affective domain. David McKay Company.

Brown, T. H. (2023). The role of m-learning in the future of e-learning in Africa? Pedagogies and Technologies _.

Hall, E. T. (1959). The silent language. Doubleday.

Henno, J. (2020). From learning to e-learning to m-learning to c-learning to …? IEEE Explorer.

Kaur, A., Bhatia, M., & Stea, G. (2022). A Survey of Smart Classroom Literature. Education Sciences 2022, Vol. 12, Page 86, 12(2), 86. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI12020086

Khan, B. H. (2015). Managing E-Learning Strategies: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. Information Science Publishing.

Knowles, M. S. (1980). The modern practice of adult education: From pedagogy to andragogy. Cambridge Book Company.

Kumar Basak, S., Wotto, M., & Bélanger, P. (2018). E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis. E-Learning and Digital Media, 15(4), 191–216. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2042753018785180

Matz, D. C., & Wood, W. (2005). Cognitive dissonance in groups: The consequences of disagreement. Journal of Personality and Social Psychology, 88(1), 22–37. https://doi.org/10.1037/0022-3514.88.1.22

Nilcan Ciftci Ozuorcun, F. T. (2022). Is M-learning Versus E-learning or are They Supporting Each Other? Social and Behavioral Sciences, 46(2).

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The effect of flipped-problem based learning model integrated with LMS-google classroom for senior high school students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2). https://doi.org/10.17478/jegys.548350

Downloads

Published

2024-11-24