Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK pada Materi Gelombang SMA Kelas XI
Abstract
Di era digitalisasi yang berkembang pesat, peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan abad 21 seperti kreativitas, komunikasi, berpikir kritis, kolaborasi, literasi digital, dan keterampilan memecahkan masalah. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut adalah mengintegrasikan media pembelajaran dengan teknologi. Implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada e-modul dapat mengembangkan keterampilan abad 21 peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis TPACK yang terdiri dari CK (Content Knowledge), PK (Pendagogical Knowledge), TK (Tecnological Knowledge), PCK (Pendagogical Content Knowledge), TPK (Technological Pendagogical Knowledge), dan TCK (Techological Content Knowledge) pada materi gelombang untuk siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan Lee & Owens. Hasil penelitian diperoleh dengan melakukan uji validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran yang memperoleh skor rata-rata sebesar 86,89% dengan skala interpretasi sangat layak. E-modul juga telah diuji coba kepada siswa SMA yang memperoleh skor rata-rata sebesar 91,53% dengan skala interpretasi sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis TPACK yang dikembangkan telah dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika di SMA.
Kata kunci: TPACK, E-modul, Gelombang
Full Text:
PDFReferences
Bakri, F. & Sunardi, A.K. The TPACK Implementation in Physics Textbook with Augmented Reality: Enhance the 4C Skills at Mechanics Wave Concept. Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing. Doi: 10.1088/1742-6596/2377/1/012080.
Bao, L. & Koenig, K. (2019). Physics education research for 21st century learning. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(2), 1-12 https://doi.org/10.1186/s43031-019-0007-8
Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.99
Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 264-275.
Hardanti, P., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2024). Studi Literatur:Pemanfaatan Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, And Content Knowledge) padaPengembangan E-Modul Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 1-11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.307
Junaida, Fitriyawany, & ZahriahIlyas. (2023). Development of TPACK-Based Physics Magazine as Teaching Material for High Schools: A Study on Rotational Dynamics and Rigid Body Equilibrium. IMPULSE: Journal of Research and Innovation inPhysics Education, 3(1), 19–30. Doi: 10.14421/impulse.2023.31-03
Kalsum, U., Rosman, A., Humairah, N.A., & Fitrah, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 6(2), 175-181.
Khaerunnisak, K. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Simulasi Physic Education Technology (PhET). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 7–12. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.109
Koehler, M., Mishra, P., & Cain, W. (2013) What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Journal of education, 193(3), 13-19.
Mahombar, A. (2024). Analisis Pemahaman Konsep dan Kendala Pemahaman Konsep Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 6(2), 74-79.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Maslakhah, I.F., Jatmiko, B., & Sanjaya, I.G.M. (2024). Development of Physics Learning Media: A Literature Review. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 5(2), 317-333. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i2.558
McNeil, L. & Heron, P. (2017). Preparing physics students for 21st-century careers. Physics Today, 70(11), 38–43. https://doi.org/10.1063/PT.3.3763
Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1707–1715.
Septiandari, W., Riandi, & Muslim. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) design in learning sound wave to foster students’ creativity. Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing. Doi: 10.1088/1742-6596/1521/4/042099
Suganda, T., Parno , Sunaryono. (2021). Identifikasi Argumentasi Ilmiah Siswa Topik Gelombang Bunyi dan Cahaya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(9), 1413—1417.
Susila, A. B., Indiyahni, I. & Bakri, F. (2021) TPACK in blended learning media: Practice 4C skills for rotational dynamics in senior high school’, Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing. Doi: 10.1088/17426596/2019/1/-012046
Tanak, A. (2020). Designing TPACK-Based Course for Preparing Student Teachers to Teach Science with Technological Pedagogical Content Knowledge. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(1), 53–59. https://doi.org/10.1016-/j.kjss.2018.07.012
Yose I, Nizardi J, Waskito, Agariadne D. S., Afif R. R., Novi H.A., (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad-21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Imu Pendidikan, 7(2), 3011-3024.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================