Dari Seram Menjadi Komedi Sebagai Cerminan Budaya Dalam Film’’

Authors

  • Abrar Zaen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nani Nurani Muksin Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Rafi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Dimas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Rizky Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Wildan Wirduna Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Film Agak Laen (2024) merupakan sebuah komedi horor yang mengisahkan tentang empat sahabat—Bene, Boris, Jegel, dan Oki—yang bekerja sebagai penjaga rumah hantu di pasar malam. Cerita dimulai ketika mereka secara tidak sengaja menyebabkan kematian seorang pengunjung akibat keterkejutan, yang memicu serangkaian situasi konyol dan absurd. Film ini tidak hanya menawarkan hiburan melalui humor yang segar dan dialog lucu, tetapi juga menyentuh tema persahabatan dan kerja sama dalam menghadapi tantangan.menggambarkan pertemuan budaya antara dua karakter dari latar belakang etnis dan agama yang berbeda di sebuah kota multikultural. Film ini menyentuh isu-isu stereotipe, diskriminasi, dan proses penerimaan melalui elemen visual dan naratif yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana film Agak Laen menyampaikan pesan-pesan tentang toleransi, inklusi, dan dialog antar budaya melalui simbol-simbol dan narasi yang kompleks. Kata Kunci: Komunikasi Antar Budaya, Toleransi, Diskriminasi, Inklusi

Author Biographies

Abrar Zaen, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nani Nurani Muksin, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Rafi, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhamad Dimas, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Rizky, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Wildan Wirduna, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

SIHABUDIN, H. Ahmad. Komunikasi antarbudaya: Satu perspektif multidimensi. Bumi Aksara, 2022.

ADE TUTI TURISTIATI, MIRHRM; ANDHITA, Pundra Rengga. Komunikasi antarbudaya: panduan komunikasi efektif antar manusia berbeda budaya. Zahira Media Publisher, 2021.

Chandler, D. (2007). Semiotics: The Basics. Routledge.

LILIWERI, DR Alo. Komunikasi Antar Budaya: Individu dan Pola-Pola Budaya. Nusamedia, 2021.

RANI, Abdul, et al. Komunikasi Budaya Melalui Media Audio-Visual (Studi Atas Film Children Of Heaven, The Color Of Paradise, Dan Baran Karya Majid Majidi). 2020.

Stam, R., Burgoyne, R., & Flitterman-Lewis, S. (1992). New Vocabularies in Film Semiotics: Structuralism, Post-Structuralism and Beyond. Routledge.

Astut, RAVita, & Takririyah, Reza Vivin . (2023). Seri Kelas Filmologi: Mencolek Isu Gender dan Budaya melalui Film . ISBN: 978-602-498-295-9.

yayat . (2017). Film Artistik . Pusat Pengembangan Perfilman, Jakarta..

Wulandari, Ayu Nadira, Pinem, Emabaisa Br, Sari, Maya Indah, & Sirait, Rachel Calista A. (2024).

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia. → Tesis

Ubaidillah, M., & Patriansah, M. (2024). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film “Agak Laen” Produser Studio Imajinari. VisArt: Jurnal Seni Rupa Dan Design, 2(1), 49-65.

Simorangkir, I. M., Tambunan, M. A., & Saragih, V. R. (2024). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM “AGAK LAEN” KARYA MUHADKLY ACHO 2024. JURNAL ILMIAH NUSANTARA, 1(6), 72-81.

Wulandari, A. N., Pinem, E. B., Sari, M. I., & Sirait, R. C. A. (2024). ANALISIS UNSUR INSTRINSIK DALAM FILM AGAK LAEN KARYA MUHADKLY ACHO. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 662-667.

Anggraeni, S. L., Chindrakasih, R. R., & Fitri, S. (2024). Pesan Moral Dalam Film Agak Laen (Analisis Semiotika Roland Barthes). Sabda: Jurnal Sastra dan Bahasa, 3(3), 123-133.

FACHREZI, M. R. (2024). REPRESENTASI SOLIDARITAS PERTEMANAN DALAM FILM AGAK LAEN (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA).

Kusmawan, I., Kusumawati, N., & Nurdiansyah, C. (2024). Representasi Persahabatan dalam Film Agak Laen (Analisis Semiotika Charles Sander Peirce dalam Film Agak Laen). Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(4b), 2550-2561.

Satrio, S. (2024). Analisa Strategi Pemasaran Electronic Word of Mouth (E-Wom) Film “Agak Laen” dalam Menarik Minat Penonton. COMPEDIART, 1(1), 35-43.

Thahirah, A., Nursanti, A., & Alvionita, A. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Fenomena FOMO dan E-WOM Terhadap Keputusan Menonton Film ‘Agak Laen’di Kota Pekanbaru. Jurnal Mirai Management, 9(2), 383-395.

Downloads

Published

2024-11-28