Pengaruh Konsep Komunikasi Digital Terhadap Peningkatan Akun Yang Dijangkau Pada Akun Media Sosial Instagram @immkomfisipumj
Abstract
Penelitian ini bertujuan unutk menganalisis pengaruh konsep komunikasi digital terhadap peningkatan akun yang dijangkau pada media sosial Instagram @immkomfisipumj. Dengan meningkatnya penggunaan media sosial dalam era digital, Instagram menjadi platform penting bagi organisasi mahasiswa untuk menyebarkan informasi dan berinteraksi dengan pengikut. Penelitian ini berfokus pada dua keterlibatan pengguna. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengeksplorasi pengaruh penggunaan reels dengan aktif interaksi dengan audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan reels berkontribusi signifikan terhadap peningkatan jumlah tayangan, likes dan komentar pada setiap postingan. Selain itu, frekuensi postingan yang optimal juga berhubungan positig dengan pertumbuhan jumlah pengikut baru dalam sebulan. Respon yang cepat terhadap komentar dan pesan langsung terukti meningkatkan kepuasan para pengikut. Temuan ini memeberikan implikasi praktis bagi pengelola akun Instagram dalam merumuskan strategi komunikasi digital yang efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memeberikan rekomendasi konkret bagi pengelola akun Instagram @immkomfisipumj untuk meningkatkan engagement, jangkauan dan reputasi akun mereka. Penelitian ini tidak hanya memperkaya pemahaman tentang komunikasi digital tetapi juga memberikan kontribusi bagi pengembangan dalam industri kreatif untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi yang cukup efektif.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A., & Nurhidaya, N. (2020). Media sosial dan tantangan masa depan generasi milenial. Avant Garde, 8(2), 134-148.
Asari, A., Syaifuddin, E. R., Ningsi, N., Maria,
H. D., Adhicandra, I., Nuraini, R., ... & Murti, S. (2023). Komunikasi Digital.
Luik, J. E. (2020). Media Baru: Sebuah Pengantar. Media Baru: Sebuah Pengantar.
Lukiani, E. R. M. L., dkk. (2021). Peran Instagram dalam membentuk perilaku konsumsi remaja. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(1), 97-104. Doi https://doi.org/10.29407/ja.v5i1.15969.
Muamar, J., & ImtinanG. H. (2022). Instagram as a Medium of Communication Risks Parents to Children During Covid-19 Pandemic: Virtual Parenting Community Netnography Study. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(01), 27-46. Doi https://doi.org/10.46937/20202238987.
Pradatha, K., & Muksin, N. N. (2021). Komunikasi Pemasaran Secara Persuasif Melalui Infografis Pada Instagram ethis. co. id. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 5(1), 29-39.
Utami, L. R., & Sujarweni, V. W. (2020). Peran lembaga keuangan terhadap pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (studi kasus di Kota Yogyakarta). Monex: Journal of Accounting Research, 9(1), 86-96.
Wulandari, D., Arcana, I. N., & Kuncoro, K. S. (2022). Pengembangan Instagram reels pembelajaran pokok bahasan persamaan garis lurus untuk SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 1–14. Doi https://doi.org/10.30738/union.v10i1.12138.
Vitasari, N., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan fitur reels instragram pada pembelajaran membaca puisi guna mendukung gerakan merdeka belajar di sekolah menengah. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 10-19).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================