Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika Berbasis Flip Pdf Corporate untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa
Abstract
Pembelajaran matematika dengan memanfaatkan bahan ajar digital matematika diperlukan oleh mahasiswa di masa revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Matematika merupakan materi yang bersifat abstrak sehingga penggunaannya cukup terbatas, oleh karena itu peneliti akan mendesain sebuah bahan ajar berupa modul digital yaitu modul pembelajaran matematika berbasis Flip PDF Corporate Edition. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul digital matematika berbasis Flip PDF Corporate Edition yang layak digunakan. Selanjutnya untuk melihat apakah kemandirian belajar mahasiswa meningkat dengan diterapkannya modul ajar digital matematika Flip PDF. Mata kuliah yang di pilih yaitu Kapita Selekta Matematika Sekolah Dasar pada sub Materi Pola Bilangan, Barisan dan Deret. Pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4-D milik Thiagarajan. Adapun langkah pengembangannya yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dessiminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa skala Likert untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Hasil penelitian adalah media digital matematika berupa modul pembelajaran matematika berbasis Flip PDF Corporate layak digunakan yang dinyatakan valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.
Kata kunci: Bahan Ajar, Flip PDF Corporate, Matematika, Kemandirian Belajar
Full Text:
PDFReferences
Dahlan, J. A., & Permatasi, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, eISSN 2549-4937. Jurnal Online
Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962. Jurnal Online
Putri, R.I.I, Somakim, dan, Negara, S.J., (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. 9(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa. Jurnal Online
Qadri, L., Ikhsan, M., & Yusrizal, Y. (2019). Mathematical Creative Thinking Ability for Students Through REACT Strategies. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 58. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i1.1483. Jurnal Online
I. A. Rakhmawati and N. N. Alifia, “Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika sebagai Penguat Karakter Siswa,” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 18–196, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uns.ac.id/jpm. Jurnal Online
R. Widiyasari. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika Konstruktivis Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pada Materi Spldv Kelas VIII. Jurnal FIBONACCI, vol. 1, no. 1. https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.64-81 Jurnal Online
R. Widiyasari, A. Astriani, and R.Y Purwoko. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan PMRI. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Vol.1, Issue 1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/19415. Prosiding Seminar Nasional
Salvifah, M. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Utara Menggunakan Strategi React Pada Siswa SMP. JIMEDU, vol. 1, pp. 1–13, 2021. Jurnal Online
Suastra, I.W., Jatmiko, B., Ristiati, N.P., and Yasmini, L.P.B (2017). Developing Characters Based on Local Wisdom of Bali in Teaching Physics in Senior High School,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 6, no. 2, pp. 306–312. doi: 10.15294/jpii.v6i2.10681. Jurnal Online
Nisa, H. A., Mujib & R.W.Y.Putra. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia Volume 5, No. 2. (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11406/5732 , diakses 8 Februari 2024.) Jurnal Nasional
I. A. Rakhmawati and N. N. Alifia. (2018). “Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika sebagai Penguat Karakter Siswa,” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 18–196, [Online]. Available:http://jurnal.uns.ac.id/jpm. Jurnal Online
Dewi, M.S.A & N.A.P. Lestari. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol.4 No 3.(http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035 , diakses 15 Desember 2023.) Jurnal Online
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. 97 Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Volume 3 Number 3, 2019, http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840 , diakses 6 Januari 2024). Jurnal Online
Herawati, N.S. & A. Muhtadi. Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 5 Number 2, (https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424, 2018 , diakses 9 Desember 2023.) Jurnal Online
Fitri,H., Maison & D.A.Kurniawan. Pengembangan E-Modul Menggunakan 3d Pageflip Professional Pada Materi Momentum Dan Impuls Sma/Ma Kelas XI. Jurnal Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2019, (https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.4029 , diakses 9 Desember 2023.) Jurnal Online
Solihudin, T. Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Matematika Volume 3 Number 2, 2018. (https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/download/13731/79 72 , diakses 15 Desember 2023.) Jurnal Online
Najuah, P.S.Lukitoyo. & W. Wirianti. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis. 2020. Buku
Febrianti,F.A. Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Volume 4 Number 2, 2021. (http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/C
aruban/article/view/5354 diakses 9 Desember 2023.) Jurnal Online
Khairinal,K., S. Suratno & R.Y. Aftiani. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2 Number 1, ( https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1 , 2021. diaksen 9 desember 2023.) Jurnal Online
Rindaryati, N. E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Volume 5 Number 2, : http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2 , 2021. diakses 9 Desember 2023.) Jurnal Online
R. Widiyasari, A. Astriyani, and K. Vianka Irawan, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Media Evaluasi ThatQuiz,” Jurnal FIBONACCI, vol. 6, no. 2, pp. 141–154, 2020, doi: 10.24853/fbc.6.2.141-154. Jurnal Online
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. 97 Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Volume 3 Number 3, 2019, http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840 , diakses 6 Januari 2024). Jurnal Online
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================