Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mencapai Hasil Belajar Anak Di Rumah

Authors

  • Zulfitria Zulfitria Jurusan Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Suryadi Jurusan Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Susanto Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sodikin Sodikin Jurusan Program Pendidikan Guru, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Maysaroh Lubis Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola asuh orang tua di rumah dalam mencapai hasil belajar anak di rumah. Penelitian ini menggunakan kualitatif dalam memperoleh pemahaman yang mendalam pada orang tua siswa di TK Hiama Kids Bogor dengan pengambilan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pengasuhan yang diberikan oleh orang tua kepada anak sangat dipengaruhi oleh pengalaman kepribadian masa kanak- kanak orang tua, tingkat pendidikan,lingkungan tempat tinggal, dan teman sebaya di masa lalu. Seiring dengan kemajuan zaman, pengasuhan anak merupakan proses yang penuh dinamika oleh karena itu, orang tua harus sabar dan dapat menghantarkan anak berdasarkan tahap pertumbuhan, perkembangan, keunikan dan kebutuhan anak sesuai zamannya.Kata kunci: pola asuh, pembelajaran, hasil belajar

Author Biographies

Zulfitria Zulfitria, Jurusan Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ahmad Suryadi, Jurusan Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ahmad Susanto, Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sodikin Sodikin, Jurusan Program Pendidikan Guru, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Program Pendidikan Guru, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Maysaroh Lubis, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

References

Alwasilah, A. C. (2002). Pokoknya kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya

Creswell, J. W. (2014). The Selection of a Research Approach. In Research Design. https://doi.org/45593:01

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Gredler, Margaret E. (2009) Learning and Instruction. New Jersey: Person Education.

Luluk Asmawati, S.S. M.Pd. Pendidikan Anak Usia Dini “Mendidik Dengan Praktik” Jakarta: Senyum Media Press.

Syamsu Yusuf, (2000) Psikologi Anak Dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

S.C. Utami Munandar, Pemanduan Anak Berbakat. Jakarta: CV. Rajawali.

Sagala, Saiful (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: PT Alfabeta.

Sudjana, Nana (2011) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zahara, Idris dan Usman, Jamal. (2002). Pengantar Pendidikan (Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2024-11-28