Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD
Abstract
Kurangnya contoh nyata yang membuat siswa sulit memahami materi matematika sehingga di kepandaian kritis siswa terhadap materi bangun ruang masih rendah. Tujuan penelitian ialah untuk menilai dampak media pembelajaran puzzle terhadap akal budi kritis pada materi bangun ruang kelas V SD. Metode yg dipergunakan ialah kuantitatif eksperimen memakai True Eksperimental Design dengan Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel memakai simple random sampling. Sampel yang dipergunakan ialah 49 siswa kelas V dengan pembagian 24 siswa kelas eksperimen serta 25 siswa kelas kontrol. Penelitian di laksanakan pada SDN Pondok cabe Ilir 01 tahun ajaran 2023/2024 semester genap. Instrumen yang digunakan tes essay sebanyak 9 soal. Perhitungan uji independent sample t-test dengan signifikansi (dua tailed = 0,001 < 0,05) serta rata-rata kepandaian kritis mencakup 6 indikator (interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, serta pengaturan diri) adalah 29,22% untuk kelas eksperimen memakai media puzzle dan kelas kontrol dengan metode konvensional 23,8%. Selain itu, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 81,75 dan untuk kelas kontrol 66,60. Maka kesimpulan penelitian ialah terdapat imbas media pembelajaran puzzle terhadap kepandaian kritis serta pembelajaran dengan menggunakan media puzzle menyampaikan hasil yang lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Media Pembelajaran Puzzle, Kemampuan Berpikir Kritis, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Astriani, L., & Iswan. (2020). Pengembangan Modul Bangun Ruang dan Statistika Berbasis Project Based Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (3), 3431-3442
Drew. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Mojokerto: Insight Mediatama.
Facione, P. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, 1 (1) https://www.researchgate.net/publication/251303244.
Harsih, L. M., & Wahyudi, W. (2023). Media Pembelajaran Puzzle dengan Kartu Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2123-2131
Hendriani, M. (2021). Penggunaan Media Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3 (2), 36-45.
Latifah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantu Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Gelombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (1), 13-23.
Masfuah, S., & Pratiwi, I. (2018). Media Pembelajaran Puzzle dengan Kartu Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9 (4), 2123-2131.
Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 52-68
Murniati, dkk. (2020). Upaya guru akidah akhlak dalam membentuk kepribadian anak siswa kelas IV MI Ma'arif cekok babadan ponorogo tahun ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo)
Nurhidayah, N., & Jabir, M. (2020). Studi analisis kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia dini melalui bermain puzzle di kelompok B TK Al-khairaat Kabonena Kota Palu. Ana'Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 53-62.
Pangastuti, R. (2019). Media puzzle untuk mengenal bentuk geometri. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 50-59.
Rohani. (2023). Media Pembelajaran Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Ekonomi, 8 (1), 636-643.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Sugiyono. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB Melalui Prosedur Newman Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Kelas VII MTS Mujahidin Pontianak. Doctoral dissertation, IKIP PGRI Pontianak, 1-40.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika, 1 (1), 605-612
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Mataram: Pustaka Abadi.
Suryana. (2018) Penerapan Permainan Edukatif Puzzle untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi
Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4 (2), 245-252
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis Uji Homogenitas dan Uji Normalitas. Inovasi Pendidikan, 7 (1), 50-62.
Wulandari, T., Marpaung, R., & Sikumbang, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran IPA Menggunakan Media Puzzle Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8 (3), 33-38.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================