Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Bahasa Inggris Di Rumah

Authors

  • Aswir Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zulfitria Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Susanto Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Misriandi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nurrohmatul Amaliyah Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

pola asuh, pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan anak usia dini sudah mulai belajar bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris diharapkan dapat mempermudahkan anak ketika anak telah masuk Sekolah Dasar. Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua diberikan di taman kanak-kanak sebagai bentuk pengenalan dengan berbagai cara pengoptimalan stimulasi (rangsangan/dorongan) bahasa, penyiapan kesiapan anak dalam melanjutkan jenjang pendidikan ketingkat yang lebih tinggi menjadi tantangan kedepan mengharuskan seseorang untuk menguasai bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan kualitatif dalam memperoleh pemahaman yang mendalam pada orang tua siswa di TK Hiama Kids Bogor dengan pengambilan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran orang tua dalam mendampingi anak usia dini belajar bahasa Inggris di rumah sangatlah krusial. Orang tua berperan sebagai model, motivator, dan fasilitator dalam proses pembelajaran anak. Dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan memberikan dukungan yang tepat, orang tua dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka sejak dini.

References

kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya

El -Khuluo. Ihsan. (2015) Manajemen Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Pendidikan Taman Kehidupan Anak (Yogyakarta : Pustaka Pelajar)

Creswell, J. W. (2014). The Selection of a Research Approach. In Research Design. https://doi.org/45593:01

Jazuly, Ahmad. (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, Vol 6, No. 1, Mei, 2016

Muliyah, Pipit. (2019). Pelatihan Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Igra. Jurnal : Pengabdian Masyarakat, Vol.1 Januari-Juni, 2019,

Madyawati, Lilis. (2016) Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak (Jakarta: Kencana)

Putu, Mila Puspita. I Nyoman Wirya, Putu Aditya Antara, (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Tk Catur Paramita. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4. No. 2

Setyawan, Farid Helmi. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android, Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2016.

Suhada, Idad (2016) Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Raudhatul Athfal (Bandung: pt Remaja Rosdakarya)

Wiyani, Novan Ardy, (2016). Konsep Dasar Paud ( Yogyakarta: Gava Media)

Downloads

Published

2025-05-12