Rancang Bangun Alat Uji Pengereman Skala Laboratorium

Authors

  • Febriansyah Rangga Wijaya Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12640, Indonesia
  • Dwi Rahmalina Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12640, Indonesia
  • Hendri Sukma Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12640, Indonesia

Abstract

Alat uji pengereman merupakan salah satu rangkaian alat uji yang terpenting didalam sebuah  kendaraan, dalam  berkendara rem merupakan komponen mutlak yang harus ada. Istilah rem dapat diartikan yaitu alat untuk memperlambat atau menghentikan suatu gerakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode perancangan French. Hasil perhitungan perancangan nilai varian pada varian 1 adalah 3,90 dan varian 2 adalah 4,08, maka perancangan mendapatkan nilai terpilih pada varian 2 dengan bobot penilaian 4,08. Data hasil perhitungan motor listrik untuk memutarkan disc dengan pembebanan pada tuas rem 1,7 kg sekitar 0,047 Hp. Data hasil pengujian secara simulasi analisis statik dengan dilakukan pembebanan yang diberikan pada tuas rem sebesar 1,7 kg maka mendapatkan nilai von mises stress rangka yang menerima beban maksimal sebesar 7,094×10^1 N/mm. Proses pembuatan alat uji pengereman dilakukan dengan banyak proses dari mulai pemotongan bahan hingga pengelasan dan proses assembly komponen. Sehingga mendapatkan hasil pada bentuk alat yang sesuai dengan perencanaan.

Author Biographies

Febriansyah Rangga Wijaya, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12640, Indonesia

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12640,Indonesia

Dwi Rahmalina, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12640, Indonesia

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12640,Indonesia

Hendri Sukma, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12640, Indonesia

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12640,Indonesia

References

Z., W., and W. E. Juwana, “Rancang

bangun sistem rem anti-lock brake

system (abs) dengan penambahan

komponen vibrator solenoid,” J. Tek.

Mesin Indonesia., vol. 11, no. 2, p.

, 2018.

D. Prameswari and Y. Yohanes, “Analisa

Sistem Pengereman Pada Mobil

Multiguna Pedesaan,” J. Tek. ITS,

vol. 8, no. 1, 2019.

T. SAKSANA, “Perancangan Dan

Pembuatan Sistem Rem Pada Mobil

Barang ’13,” Universitas Negri

Yogyakarta, 2017.

R. Dua and R. Dua, “Pembuatan ( Test

Bed) Sistem Pengereman Cakram

Pada Kendaraan Bermotor Fakultas

teknik Universitas Lampung Bandar

Lampung Rancang Bangun Alat

Penguji ( Test Bed ) Sistem

Pengereman Cakram Pada

Kendaraan Bermotor,” Universitas

Lampung, 2018.

D. Nursyahuddin and D. Gasni, “Proses

Perancangan Sistem Mekanik

dengan Pendekatan Terintegrasi :

Studi Kasus Perancangan Alat Uji

Pin On Disc,” J. Tek., vol. 21, no. 1,

pp. 14–29, 2014.

M. J. French, Conceptual Design for

Engineers. 1985.

R. Ramadani, H. Poernomo, T. A. S, S.

Teknik, J. Teknik, and P. Kapal,

“Perancangan Sistem Pengereman

Pada Kendaraan Bermotor Roda

Tiga Sebagai Alat Bantu

Transportasi Bagi Penyandang

Disabilitas,” Journal.Ppns.Ac.Id, pp.

–154, 2017.

A. Muadzin and W. Aryadi, “ANALISIS

DISTRIBUSI PENGEREMAN

TERHADAP CENTER OF GRAVITY

PADA INTEGRATED BRAKING

SYSTEM BERBASIS MATLAB

SIMULINK,” TeknikM, vol. 16, no. 1,

pp. 113–124, 2018.

Downloads

Published

2020-12-03