Rancang Bangun Alat Uji Pengereman Skala Laboratorium
Abstract
Alat uji pengereman merupakan salah satu rangkaian alat uji yang terpenting didalam sebuah kendaraan, dalam berkendara rem merupakan komponen mutlak yang harus ada. Istilah rem dapat diartikan yaitu alat untuk memperlambat atau menghentikan suatu gerakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode perancangan French. Hasil perhitungan perancangan nilai varian pada varian 1 adalah 3,90 dan varian 2 adalah 4,08, maka perancangan mendapatkan nilai terpilih pada varian 2 dengan bobot penilaian 4,08. Data hasil perhitungan motor listrik untuk memutarkan disc dengan pembebanan pada tuas rem 1,7 kg sekitar 0,047 Hp. Data hasil pengujian secara simulasi analisis statik dengan dilakukan pembebanan yang diberikan pada tuas rem sebesar 1,7 kg maka mendapatkan nilai von mises stress rangka yang menerima beban maksimal sebesar 7,094×10^1 N/mm. Proses pembuatan alat uji pengereman dilakukan dengan banyak proses dari mulai pemotongan bahan hingga pengelasan dan proses assembly komponen. Sehingga mendapatkan hasil pada bentuk alat yang sesuai dengan perencanaan.
Full Text:
PDFReferences
Z., W., and W. E. Juwana, “Rancang
bangun sistem rem anti-lock brake
system (abs) dengan penambahan
komponen vibrator solenoid,” J. Tek.
Mesin Indonesia., vol. 11, no. 2, p.
, 2018.
D. Prameswari and Y. Yohanes, “Analisa
Sistem Pengereman Pada Mobil
Multiguna Pedesaan,” J. Tek. ITS,
vol. 8, no. 1, 2019.
T. SAKSANA, “Perancangan Dan
Pembuatan Sistem Rem Pada Mobil
Barang ’13,” Universitas Negri
Yogyakarta, 2017.
R. Dua and R. Dua, “Pembuatan ( Test
Bed) Sistem Pengereman Cakram
Pada Kendaraan Bermotor Fakultas
teknik Universitas Lampung Bandar
Lampung Rancang Bangun Alat
Penguji ( Test Bed ) Sistem
Pengereman Cakram Pada
Kendaraan Bermotor,” Universitas
Lampung, 2018.
D. Nursyahuddin and D. Gasni, “Proses
Perancangan Sistem Mekanik
dengan Pendekatan Terintegrasi :
Studi Kasus Perancangan Alat Uji
Pin On Disc,” J. Tek., vol. 21, no. 1,
pp. 14–29, 2014.
M. J. French, Conceptual Design for
Engineers. 1985.
R. Ramadani, H. Poernomo, T. A. S, S.
Teknik, J. Teknik, and P. Kapal,
“Perancangan Sistem Pengereman
Pada Kendaraan Bermotor Roda
Tiga Sebagai Alat Bantu
Transportasi Bagi Penyandang
Disabilitas,” Journal.Ppns.Ac.Id, pp.
–154, 2017.
A. Muadzin and W. Aryadi, “ANALISIS
DISTRIBUSI PENGEREMAN
TERHADAP CENTER OF GRAVITY
PADA INTEGRATED BRAKING
SYSTEM BERBASIS MATLAB
SIMULINK,” TeknikM, vol. 16, no. 1,
pp. 113–124, 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================