Pengembangan Media Pembelajaran Water Cycle pada Daur Hidrolisis
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan dan penggunaan media pembelajaran water cycle pada daur hidrolis untuk siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development dengan model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memberikan kuesioner penilaian kepada para ahli, kuesioner respon siswa dan tes. Hasil penelitian yang didapatkan pada kuesioner penilaian yang diberikan ketiga ahli dan respon siswa maka pengembangan media pembelajaran water cycle pada daur hidrolisis dinyatakan sangat valid dengan kategori sangat baik (91%) dan uji coba nilai pretest (40,5) nilai posttest (85,5). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengmbangan media pembelajaran water cycle layak digunakan dan dikembangkan.
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. & Asruri, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggraeni, Reni. (2017). Pengguaan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Daur Air Siswa di SD. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya (tidak dipublikasikan)
Arikunto, S. (2013). Prosedur Peneleitian: Suatu Pendekatan Protetik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model & Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Dewi, Salma. (2007). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Hasanudin, C. (2017). Media Pembelajaran: Kajian Teoritis dan Kemanfaatan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Indarto. (2010). Hidrologi: Dasar Teori dan Contoh Aplikasi Model Hidrologi. Jakarta: Bumi Aksara.
Jalinus, Nizwardi & Ambiyar. (2016). Media dan sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10(5): 1-9
Kiswandari, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Daur Air pada Pelajaran IPA kleas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10(5): 1-7.
Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang : Gunung Samudera.
Kokom, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Montarcih Limantara, Lily. (2010). Hidrologi Praktis. Bandung: CV. Lubuk Agung.
Pupuh, F. & Sobry S. (2007). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. Bandung: PT Refika Aditama.
Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Lalasbang Mediatama.
Sadiman, S. Arif. (2012). Media Pendidikan. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Safitri, Dini & Hartati T. A. W. (2016). Kelayakan Aspek Media dan Bahasa dalam Pengembangan Buku Ajar dan Multimedia Interaktif Biologi Sel. 10(5):9-14.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengaar. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiharsno, Rudy & Hisbiyatul Hasanah. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru, dan Calon Pendidik. Jakarta: Pustaka Abdi.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susilana, R. & Cepi Riyana. (2018). Media Pembelajaran. Bandung: Kampus UPI.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Widyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================