Penambahan Jumlah Volume Pasir pada Akuifer Buatan dalam Meningkatkan Kualitas Air pada PDAM Tirta Patriot Bekasi (Studi Kasus PDAM Tirta Patriot Bekasi)

Mohammad Imamuddin, Tanjung Rahayu Raswitaningrum, Eka Alfianingsih

Abstract


Air adalah komponen yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Bertambah banyaknya penduduk di Indonesia seperti di Kota Bekasi maka secara langsung mengakibatkan permintaan akan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari manusia semakin tinggi. Kualitas air guna pemenuhan kebutuhan manusia tersebut juga harus sangat diperhatikan. Dalam hal ini pemerintah Bekasi melalui PDAM Patriot Bekasi berperan dalam pemenuhan air untuk kebutuhan hidup masyarakatnya. Namun air dari PDAM hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan tidak untuk dikonsumsi.  Oleh karena itu, penelitian ini akan memberikan sebuah alternatif agar air tidak hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari namun juga dapat digunakan untuk konsumsi dengan mempertimbangkan standar kesehatan yang ada mengacu terhadap Permenkes NOMOR 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang air minum dan Peraturan Menteri Kesehatan No. 416/MEN.KES/PER/IX/1990 tentang air bersih. Penelitian dilakukan dengan melakukan filtrasi melalui sembilan (9) sampel untuk pengujian. Setiap sampel memiliki susunan parameter filtrasi yang berbeda-beda.hasil air filtrasi dari sampel 1 sampai sampel 9 diuji dalam laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode filtrasi mampu meningkatkan kualitas air PDAM dimana sampel 3 dengan susunan menggunakan kerikil sedang, pasir kasar, bata merah, kerikil sedang dan batu gamping, pasir kasar, bata merah, dan pasir kasar dapat memenuhi kualitas sebagai air minum dan air bersih, dan selain sampel tersebut belum memenuhi syarat sebagai air minum dan air bersih.


Full Text:

PDF

References


Ajeng, Aulia, Dara, Mohammad dan Rizka. (2019). Alat Pengolahan Air Baku Sederhana Dengan Sistem Filtrasi. Fakultas Teknik Sipil, Universitas Pembangunaan Jalan

Anggreani, Minatun dan Najah. (2020). Pelatihan Dan Penjernihan Air Waduk Gumining Menggunakan Metode Koagulasi, Flokulasi, Dan Filtrasi di Desa Guminingrejo kecamatan Tikungan Kabupaten Lamongan. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Lamongan.

Ardan, Suharno dan Tedy. (2018). Efektivitas Koagulan Bubuk Kapur dan Filtrasi Dengan Metode up Flow dan Down Flow Untuk Menurunkan Fe. Fakutas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadian Pontianak.

Arif, Isna, dan Noerhadi. (2017). Sistem Pengolahan Air Minum Sederhana. Fakultas Teknik Kimia, Universitas Lampung Mangkurat. Kalimantan selatan.

Dhyon, Fahrurazi, Llaili, Nurul, dan Rina. (2018). Penetapan Metode Filtrasi dan Reverse Osmosis Untuk Pengolahan Air Sungai Menjadi Air Siap Minum . Program Studi Kimia, Universitas Mataram. Mataram.

Diarto. (2017). Pengollahan Air Metode Kombinasi Koagulasi Filtrasi Dalam Penurunan Kadar Kekeruhan Pada Mata Air Desa Rumamis Kecamatan Daeusjahe Tahun 2007. Fakultas Kesehatan Lingkungan, Politeknik Kesehatan Medan.

Ernawati, Ida, Taufiq dan Sri. 2013. Peningkatan Kualitas Air Bersih Dengan Alat Penjernih. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surabaya.

Fatimah. (2018). Pengaruh Tinggi Media Pasir Silika Terhadap Penyisihan Kekeruhan Pada Unit Filtrasi Pengolahan Air Minum. Fakultas Arsitek Lanskap dan Teknologi Lingkungan, Universitas Trisakti. Jakarta

Ety dan Masthura. (2017).Peningkatan Kualitas Air Menggunakan Metode Elektrokoagulasi dan Filter Karbon. Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Sumamtra Utara Medan

Muhammad, Sigit, Yohanna. (2017). Efektifitas Rapid Sand Filter Untuk Meningkatkan Kualitas Air Daerah Gabut di Provinsi Riau. Fakultas Teknik, Universitas Riau.

Sarman, Isak, dan Trhessy. (2018). Pengaruh Beberapa Jenis Media Filtrasi Terhadap Kualitas Limbah Cair Ekstraksi Sagu. Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Papua.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ