Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Infografis pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Kelas III SDN Pondok Pinang 08 Pagi Jakarta

Penulis

  • Anita Damanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Agus Suradika Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ulfaniatari Ulfaniatari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar matematika pecahan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan media infografis pada siswa kelas III SD Negeri Pondok Pinang 08 Pagi tahun 2020. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa dan metode penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan secara daring. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara data dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara selama penelitian. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika pecahan dengan penggunaan media infografis, hal ini dapat dibuktikan ketuntasan belajar matematika pecahan pra-siklus sebesar 40%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 55% dan siklus II sebesar 95%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika pecahan dari siklus I ke siklus II sebesar 40 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika pecahan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) siswa kelas III SD Negeri Pondok Pinang 08 Pagi Jakarta dapat meningkat dengan menggunakan media infografis.

Biografi Penulis

Anita Damanti, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Agus Suradika, Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ulfaniatari Ulfaniatari, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Alrwele, D. N. S. (2017). Effects of Infographics on Student Achievement and Students’ Perceptions of the Impacts of Infographics. Journal of Education and Human Development, 6(3), 104–117. https://doi.org/ 10.15640/jehd.v6n3a12

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/ 10.17509/jpm.v4i1.14958

Damyanov, I., & Tsankov, N. (2018). The role of infographics for the development of skills for cognitive modeling in education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(1), 82–92. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i01.7541

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Gebre, E. (2018). Learning with multiple representations: Infographics as cognitive tools for authentic learning in science literacy. Canadian Journal of Learning and Technology, 44(1), 1–24. https://doi.org/10.21432/cjlt27572

Hikmah, N. (Universitas W. M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurang-an Bilangan Bulat Melalui alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu, 1(1), 71. https://doi.org/10.1007/s12524-018-0789-8

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2. https://www. kemdikbud.go.id

KOMINFO. (2018). Kiat Bikin Infografis Keren & Berkualitas Baik. 58.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/forma tif.v3i2.118

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). 4(2), 30–36.

Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509 /t.v6i2.20887

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-03

Terbitan

Bagian

Articles