Analisis Kesiapan Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri Ciputat 04 di Masa Pandemi Covid-19

Julia Anis Handayani, Azmi Al-Bahij, Herwina Bahar, Iswan Iswan

Abstract


Pembelajaran daring di tingkat sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan peserta didik SD Negeri Ciputat 04 dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD negeri Ciputat 04. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara melalui aplikasi whatsapp serta analisis data menggunakan analisis Teddy & Swatman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  peserta didik memiliki kesiapan teknologi (smartphone), kesiapan fisik (tubuh yang sehat) dan kesiapan sumber belajar (buku tematik); peserta didik belum memiliki kesiapan mengakses internet dan mengoperasikan media pembelajaran seperti google classroom dan padlet; peserta didik belum memahami tata cara dalam melakukan pembelajaran daring; orang tua peserta didik berkontribusi penuh dalam pembelajaran daring; dan peserta didik belum mampu mengelola waktu belajar dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Rohmah, F. (2016). Analisis Kesiapan Sekolah Terhadap Penerapan Pembelajaran Online (E-Learning) Di SMA Negeri 1 Kutowinangun. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Sadikin, A. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224. Retrived from https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Setiaji, B. & Dinata, P.A.C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1). Retrived from https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/31562

Setyoningsih, S. (2015). E-Learning: Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 3(1), 48-51. Retrived from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1443

Vosloo, S., & Belle, J.P., (2004) E-Goverment and E-Readiness of Non-Profit Organisation in the Western Cape, South America. Retrived from https://www.westerncape.gov.za/service/non-profit organisations-registration-and-funding

Zhang, D., Zhao, J., Zhou, L., & Nunamaker, J. F., (2004). Can E-Learning Replace clasroom learning. Communication of the ACM, 47(5). Retrived from https://dl.acm.org/doi/10.1145/986213.986216


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ