Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring

Authors

  • Lativa Qurrotaini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Tri Widya Sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Venni Herli Sundi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Laily Nurmalia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang terdiri dari beberapa hal yaitu manusia, sarana, dan prosedur dimana semua pihak saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan. Aspek yang tidak lepas dari proses pembelajaran adalah penggunaan media elektronik, salah satunya adalah penggunaan animasi Powtoon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video berbasis Powtoon dalam pembelajaran daring, khususnya saat pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Powtoon dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, materi yang disajikan dengan menggunakan aplikasi Powtoon menjadi lebih jelas dan nyata dan siswa menjadi lebih mudah memahami materi. Adapun kendala yang dirasakan adalah tenaga pengajar dan peserta didik harus menggunakan aplikasi tambahan, sarana internet membutuhkan kuota yang cukup banyak, durasi yang terlalu singkat dan masih terdapat tenaga pengajar yang belum menguasainya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media video animasi Powtoon efektif digunakan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh / daring.

Author Biographies

Lativa Qurrotaini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Tri Widya Sari, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Venni Herli Sundi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Laily Nurmalia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang terdiri dari beberapa hal yaitu manusia, sarana, dan prosedur dimana semua pihak saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan. Aspek yang tidak lepas dari proses pembelajaran adalah penggunaan media elektronik, salah satunya adalah penggunaan animasi Powtoon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video berbasis Powtoon dalam pembelajaran daring, khususnya saat pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Powtoon dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, materi yang disajikan dengan menggunakan aplikasi Powtoon menjadi lebih jelas dan nyata dan siswa menjadi lebih mudah memahami materi. Adapun kendala yang dirasakan adalah tenaga pengajar dan peserta didik harus menggunakan aplikasi tambahan, sarana internet membutuhkan kuota yang cukup banyak, durasi yang terlalu singkat dan masih terdapat tenaga pengajar yang belum menguasainya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media video animasi Powtoon efektif digunakan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh / daring.

Downloads

Published

2020-12-03