Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS SD pada Pembelajaran Daring

Lativa Qurrotaini, Nabilah Khusnussyifa, Venni Herli Sundi, Laily Nurmalia

Abstract


Pada saat ini sedang terjadi masa pandemik COVID-19 yang berdampak signifkan pada sektor Pendidikan di Indonesia, dampak yang terjadi terhadap sektor Pendidikan menerapkan penutupan sekolah dan pemerintah mengeluarkan surat edaran yang berisikan tentang kebijakan Pendidikan dalam masa transisi yaitu dengan dilakukannya pembelajaran daring, tidak terkecuali sekolah dasar. Namun dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan yaitu hambatan yang bisa mengakibatkan kurang maksimalnya hasil dari proses pembelaajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor hambatan penerapan IPS SD pada pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan wawancara dan studi Pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah faktor hambatan penerapan IPS SD bagi guru antara lain faktor internal dan eksternal yang berupa pemberian materi yang tidak seleluasa saat pertemuan langsung, tidak adanya interaksi sosial, nilai karakter yang diinginkan sulit didapatkan seperti sifat kedewasaan, etika, moral, selama masa pandemik ini peserta didik tidak bisa melakukan pengamatan langsung seperti ke museum serta melakukan wawancara kepada narasumber untuk mendapatkan informasi terkait materi pelajaran. Dan Faktor hambatan bagi peserta didik antara lain saat kesulitan materi tidak bisa langsung bertemu yang mengakibatkan peserta didik menjadi kurang bersemangat dalam belajar dan saat kekurangan kuota untuk belajar. Serta berbagai hambatan yang dirasakan oleh guru, peserta didik maupun orang tua selama pembelajaran daring di masa pandemik COVID-19 ini, ada sisi positif maupun sisi negatif.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Insan Cendekia, 2002.

Dewi, L. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech, 16(2), 205-221. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/vi ew/7616/0

Dewi, P.S., & Septa, H.W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Journal Pendidikan Matematika, 1 (1), 31-39.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55- 61. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view /89/pdf

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Isman. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (MODA DARING).ISBN: 978-602-361-045- 7

Kompas, 2020. UPDATE 28 september 2020: 3.874 Kasus Baru, Total Kasus Covid-19 di Indonesia Capi 275.213. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/27/15212011/update-27-september-3874-kasus-baru-total-kasus-covid-19-di-indonesia-capai (diakses 27 September 2020)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Retrieved from

Mukminan. Pendidikan Ilmu Sosial. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2000.

Nasution. 2010. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implication for STEM Education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1-6. doi: 10.29333/ejmste/7893


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ