Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10

Siska Kusumawardani, Riska Diyanti, Gunawan Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami isi bacaan siswa Sekolah Dasar dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) merupakan salah satu model yang tepat digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai upaya meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan. Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model yang mengajarkan membaca dan menulis pada siswa Sekolah Dasar secara berkelompok. Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) diharapkan dapat di gunakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 30 siswa. Hasil analisis data kemampuan memahami isi bacaan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa yaitu 69,67. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 72,17. Pada siklus II, nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 76,17. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus yaitu 33%. Persentase ketuntasan siklus I mengalami peningkatan menjadi 50,00% dan  persentase ketuntasan siklus II mengalami peningkatan 76,67%. Dengan demikian peningkatan keterampilan memahami isi bacaan siswa telah mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II.


Full Text:

PDF

References


Cici Ratika Syafitri dan Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di

Sekolah Dasar. Universitas Negeri Padang →Jurnal

Nanik , Irawati. (2019). Hubungan Antara Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Pemahaman Bacaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri Se-gugus Candirejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Universitas Negeri Yogyakarta→Skripsi

Kismarani Anisa, dkk. (2017). Peningkatan Keterampilan Memahami Bacaan Menggunakan Metode PQ4R Pada Siswa VIII A SMP Negeri 13 Pontianak. Universitas Tanjungpura Pontianak. →Penelitian

(2017).https://id.scribd.com/document/349625847/Membaca-Pemahaman-Di-SD →Skripsi

Abdullah Hakim. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Temanggal, Kalasan. Universitas Negeri Yogyakarta. →Skripsi

Suprapri. (2014). Upaya meningkatkan ketrampilan membaca dan menulis melalui pemanfaatan media gambar dan menyanyi dalam mapel Bahasa Indonesia anak kelas II MI Rohmatal Lil ‘Alamin Donorejo Karangtengah Demak semester ganjil tahun pelajaran. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. →Skripsi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ