Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 di SDN Bambu Apus 02
Abstract
Penelitan ini didasarkan pada pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu pembelajaran konvensional dengan menggunakan media papan tulis yang membuat minat siswa kurang dan menurunkan motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan motivasi belajar siswa antara pembelajaran menggunakan media Audiovisual Powtoon dengan pembelajaran tanpa media audio visual powtoon (2) keefektifan penggunaan media Audiovisual Powtoon dalam pembelajaran Tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan true ekperimental design melalui model pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1 di SDN Bambu Apus 02 Tanggerang Selatan Tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 54 siswa yang terdiri dari kelas 1C menjadi kelas kontrol dan kelas 1D menjadi kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa, dan tes. Sedangkan teknik analisis yang digunakan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan media Audiovisual Powtoon dan yang tidak menggunakan media Audiovisual Powtoon. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa di kelas eksperimen sebelum menggunakan media sebesar 28,44 dan setelah menggunakan media sebesar 47,48. Selain itu hasil penelitian dari hasil Uji Mann-Whitney Test menunjukkan bahwa penggunaan media Audiovisual Powtoon efektif digunakan pada pembelajaran tematik. Hal ini dibuktikan dari hasil rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 19,04 sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 11,07. Terlihat peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan media Audiovisual Powtoon lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media Audiovisual Powtoon.
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman (2017). Interaksi &
Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar (2016). Media
Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Bahtraedu. (2016). Media
Pembelajaran Powtoon. (Online). http://bahtra12.blogspot.co.id/2015/04/media-pembelajaran-powtoon.html. Diakses tanggal 15 september 2020.
Bernard Renaldy Suteja, Jimmy
Anthony Sarapung & Wilfridaus Bambang Triadi Hanjaya (2016). Memasuki Dunia e-Learning. Bandung: Informatik.
Hamdani. (2016). Strategi Belajar
Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Khodijah, Nyayu (2019) Psikologi
Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Merdand, Shannon (2019). Product
Review:Powtoon. (Online) http://www.techlearning.com/news/0002/product-reviewpowtoon/63310.html. Diakses tanggal 17 September 2020
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan
Zain. (2018). Strategi Belajar Mengajar. JakartaL: Rineka Cipta.
Sudjana Nana, dan Riva’i Ahmad
(2016). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================