Pengaruh Pemberian Soal Pemahaman Berbantuan Media Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Labschool FIP UMJ

Hastri Rosiyanti, Ririn Widyasari, Ahmad Fikri Ardiansyah, Sarah Istiqomah

Abstract


Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring menjadi pilihan sekaligus tantangan ketika wabah virus Covid-19 sedang melanda dunia. Alhasil proses pembelajaran banyak mengalami perubahan demi menyesuaikan keadaan. Pengalaman observasi peneliti ketika mengajar siswa kelas VII secara daring  di SMP Labschool FIP UMJ misalnya. Masih ada siswa yang sering terlambat masuk ke dalam pertemuan Zoom sehingga siswa tertinggal momen untuk memahami pelajaran bersama guru. Akibatnya siswa tidak fokus dan pembelajaran menjadi kurang bermakna untuk siswa. Salah satu faktor penyebab itu terjadi karena rendahnya motivasi belajar matematika siswa. Peneliti menawarkan sebuah solusi dengan cara memberikan soal berbentuk pemahaman dan mengemasnya menggunakan media kuis onlineQuizizz guna melihat adanya perbedaan pengaruh Quizizz dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Peneliti menggunakan metode Liliefors dalam pengujian normalitas dan diperoleh data berdistribusi normal. Selanjutnya peneliti menerapkan uji-t dua arah untuk uji hipotesis. Hasil dari penelitian tersebut diketahui bahwa nilaihitung yakni 5.058 dengan df 15 dan  sebanyak  siswa. Sementara itu, tabel memperlihatkan hasil 2.131. Ini berarti nilai hitung>tabel sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, keputusan yang tepat dari hasil uji t yaitu terdapat pengaruh perbedaan motivasi belajar siswa antara sebelum perlakuan dan setelah perlakuan.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Alkaabi, S. A. R., Alkaabi, W., & Vyver, G. (2017). Researching Student Motivation. Contemporary Issues in Education Research (CIER). https://doi.org/10.19030/cier.v10i3.9985

A. U. Yana, L. Antasari, B. R. Kurniawan,(2019). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG MEKANIK MELALUI APLIKASI ONLINE QUIZIZZ. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284

Basuki, Y., & Hidayati, Y. (2019). Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331

Hanief, Yulingga N., Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Ismail, Fajri. 2018. Statistik untuk Penelitian Pendidkan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Liddell, T. M., & Kruschke, J. K. (2018). Analyzing ordinal data with metric models: What could possibly go wrong? Journal of Experimental Social Psychology. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2018.08.009

Jaya, Indra. 2019. Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Nasrudin, Juhana. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Panca Terra Firma.

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742

Noor, Juliansyah. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis. Jakarta: Kencana.

Nur, M. A. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Persepsi Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Matematika Dan Pembelajaran.

Rahmi., Rayhanna, O. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Think Pair Square. JPMR: Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.

Romlah, S., Nugraha, N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Albarokah 448 Bandung dengan Menggunakan Media ICT Berbasis For VBA Excel Pada Materi Garis Bilangan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.98

Satrianawati.(2018). Media danSumberBelajar. Yogyakarta: CV BudiUtama.

Siregar, Syofian. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Slamet, Riyanto., Hatmawan, Aglis A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: Penelitian Di BidangManajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Subedi, B. P. (2016). Using Likert Type Data in Social Science Research: Confusion, Issues and Challenges. International Journal of Contemporary Applied Sciences.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ