Analisis Persepsi Peserta didik Terhadap Video Pembelajaran Matematika Kelas VIII Pada Masa Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik kelas VIII terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan video pembelajaran di era pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP LabSchool FIP UMJ yang berjumlah 7 anak. Persepsi dibagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari indiaktor memperjelas penyampaian materi, penyampaian materi secara sistematis dan logis, menambah kemampuan memahami materi, dan meningkatkan prestasi. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari satu indikator yaitu penggunaan bahasa yang komunikatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas VIII terhadap video pembelajaran matematika adalah sangat positif. Secara keseluruhan faktor internal persepsi memperoleh rata-rata skor 3,38 dengan presentase 84,5% sangat positif. Faktor eksternalnya dengan rata-rata skor 3,58 atau 94,5% dengan kategori sangat positif juga. Dengan demikian persepsi peserta didik kelas VIII terhadap video pembelajaran matematika adalah sangat positif.
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin, I. (2014). Efektivitas penggunaan media video tutorial sebagai pendukung pembelajaran matematika terhadap minat dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 247-255. doi:https://doi.org/10.26858/jnp.v2i2.1974
Batubara, Hamdan., Batubara Delila,. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2),2476-9703.
doi:10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1),116-137. doi:http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Hamzah, A., & Muhlisrarini, M. (2014). Perencanan dan strategi pembelajaran matematika. Depok: Raja Grafindo Persada.
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. doi:https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645.
Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Penerapan media video dan animasi pada materi memvakum dan mengisi refrigran terhadap hasil belajar siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8-15.
doi:http://dx.doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731
Moleong, Lexy J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustakim, (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. 2(1). Al asma: Journal of Islamic Education.
http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646
Mustamid, d. H. (2015). Pengaruh Efektivitas Multimedia Pembelajaran Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Komposis dan Invers. Jurnal EduMa , 4 (1), 26-42.
Rubhan., Nofrizal., & Syazali (2017:177)
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2)
doi:https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.
Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta : Suaka Media.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Thahir, Musa., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Identifikasi Persepsi Dosen dan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Website (PBW) di Prodi Pendidikan Matematika FTK UIN Suska Riau. Jurnal Elemen : Jurnal Pendidikan Matematika.
DOI : 10.29408/jel.v4i2.709
Yulianti, C., Panjaitan, R. G. P., & Yeni, L. F. (2014). Respon Siswa Terhadap Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. doi:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/a rticle/view/5570, diakses 12 Desember 2016).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================