Metode Pembelajaran Kreatif Untuk Study Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Happy Indira Dewi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yasin Efendi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Saniyyatul Barokah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nur Kholishoh Mufliha Kusuma Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Annisa Nurfadhilah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Istikomah Istikomah Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Adanya pandemi Covid-19, mengakibatkan pembelajaran tidak dapat berlangsung secara normal. Pemerintah menyarankan untuk mengadakan pembelajaran secara daring, untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini mengamati sejauh mana kreativitas mahasiswa Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolah Fakultas Ilmu Pendidikan  Universitas Muhammadiyah Jakarta (PLP FIP UMJ), menggunakan metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana mahasiswa PLP FIP UMJ menggunakan metode pembelajaran secara kreatif untuk mencapai tujuan pembelajaran mata pelajaran Matematika di masa pandemi Covid-19 di SMK 2 Mei ? Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan mahasiswa PLP FIP UMJ ketika melaksanakan pembelajaran matematika di SMK 2 Mei di Ciputat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menganalisa data yang diambil dengan teknik observasi kemudian mendeskripsikan data melalui tulisan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pada masa pandemi Covid-19 mahasiswa PLP FIP UMJ, menggunakan lebih dari satu macam metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika di SMK 2 Mei Ciputat. Karena sifat ilmu Matematika itu sendiri yang abstrak, pada bagian tertentu menggunakan metode pembelajaran luring untuk soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

References

Ahmadi, A, Prasetya.(2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia

Barokah, Saniyyatul. 2020. Pelaksanaan pembelajaran daring untuk mata pelajaran matematika di SMK Dua Mei. Laporan PLP

Istikomah. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Untuk Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI SMK Dua Mei. Laporan PLP

Kusuma, Nur Kholishoh Mufliha. 2020. Pengamatan Kualitatif Pelaksanaan Metode Home Visit Untuk Mapel Matematika Pada Kelas XI di SMK Dua Mei . Laporan PLP

Nurfadhilah, Annisa. 2020. Media Pembelajaran Daring untuk Mata Pelajaran Matematika di SMK Dua Mei. Laporan PLP

Pribadi, Benny A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. (Jakarta: Dian Rakyat)

Sutikno, Sobari. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica

Uno, Hamzah. B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. (Jakarta: Bumi Aksara).

Downloads

Published

2020-12-31