Metode Pembelajaran Kreatif Untuk Study Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19

Happy Indira Dewi, Yasin Efendi, Saniyyatul Barokah, Nur Kholishoh Mufliha Kusuma, Annisa Nurfadhilah, Istikomah Istikomah

Abstract


Adanya pandemi Covid-19, mengakibatkan pembelajaran tidak dapat berlangsung secara normal. Pemerintah menyarankan untuk mengadakan pembelajaran secara daring, untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini mengamati sejauh mana kreativitas mahasiswa Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolah Fakultas Ilmu Pendidikan  Universitas Muhammadiyah Jakarta (PLP FIP UMJ), menggunakan metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana mahasiswa PLP FIP UMJ menggunakan metode pembelajaran secara kreatif untuk mencapai tujuan pembelajaran mata pelajaran Matematika di masa pandemi Covid-19 di SMK 2 Mei ? Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan mahasiswa PLP FIP UMJ ketika melaksanakan pembelajaran matematika di SMK 2 Mei di Ciputat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menganalisa data yang diambil dengan teknik observasi kemudian mendeskripsikan data melalui tulisan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pada masa pandemi Covid-19 mahasiswa PLP FIP UMJ, menggunakan lebih dari satu macam metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika di SMK 2 Mei Ciputat. Karena sifat ilmu Matematika itu sendiri yang abstrak, pada bagian tertentu menggunakan metode pembelajaran luring untuk soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A, Prasetya.(2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia

Barokah, Saniyyatul. 2020. Pelaksanaan pembelajaran daring untuk mata pelajaran matematika di SMK Dua Mei. Laporan PLP

Istikomah. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Untuk Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI SMK Dua Mei. Laporan PLP

Kusuma, Nur Kholishoh Mufliha. 2020. Pengamatan Kualitatif Pelaksanaan Metode Home Visit Untuk Mapel Matematika Pada Kelas XI di SMK Dua Mei . Laporan PLP

Nurfadhilah, Annisa. 2020. Media Pembelajaran Daring untuk Mata Pelajaran Matematika di SMK Dua Mei. Laporan PLP

Pribadi, Benny A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. (Jakarta: Dian Rakyat)

Sutikno, Sobari. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica

Uno, Hamzah. B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. (Jakarta: Bumi Aksara).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ