Implementasi Kreatif Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Happy Indira Dewi, Sari Palestina, Bunga Tisya Marwa, Fadilah Fadilah, Via Rahmawati, Muhamad Ihsan Deliansyah, Hilman Madani

Abstract


Pandemi Covid-19 mengakibatkan penundaan semua kegiatan yang mengundang dan mengumpulkan masa, termasuk kegiatan belajar di sekolah. Namun demikian kegiatan belajar dan pembelajaran sebagai  proses mencerdaskan anak bangsa Indonesia harus tetap berjalan. Bentuk pembelajaran yang disarankan pemerintah sebagai solusi belajar di masa pandemi covid-19 adalah pembelajaran daring. Permasalahan penelitian ini adalah ingin mengetahui, pola responden  penelitian mengimplementasikan  secara kreatif media pembelajaran pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola penggunaan media pembelajaran oleh responden pada pembelajaran secara daring di SMK DUA MEI Ciputat selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data adalah observasi dengan melakukan pengamatan terhadap 6 (enam) responden mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.  Hasil penelitian adalah dari ke-6 responden tersebut, dapat diketahui pola kreativitas implementasi pemilihan media pembelajaran  secara kreatif. Responden menggunakan media WhatsApp sebagai sarana komunikasi utama, dan menggunakan kombinasi dari 2 atau 5 dari media pembelajaran WhatsApp, Zoom, video pembelajaran dan Google Classroom, Quiziz dan  Padlet untuk menyampaikan materi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Barokah, Saniyyatul. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring untuk Mata Pelajaran Matematika di SMK Dua Mei. Laporan PLP.

Deliansyah, Muhamad Ihsan. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring untuk Mata PElajaran Bahasa Inggris di SMK Dua Mei. Laporan PLP.

Enterprise. (2012). Chatting Tanpa Batas Menggunakan Whatsapp. Jogjakarta: PT Alex Media Komputindo.

Fadilah. (2020). Media Pembelajaran Daring untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Dua Mei. Laporan PLP.

Istiqomah. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring untuk Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI SMK Dua Mei. Laporan PLP.

Kusuma, Nur Kholishos. (2020). Pengamatan Kualitatif Pelaksanaan Metode Home Visit untuk Mata Pelajaran Matematika Pada Kelas XI di SMK Dua Mei. Laporan PLP.

Madani, Hilman. (2020). Waktu Pembelajaran Daring untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Dua Mei. Laporan PLP.

Marwa, Bunga Tisya. (2020). Efektivitas Penerapan Aplikasi Zoom Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas X SMK Dua Mei. Laporan PLP.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001

Nurfadhilah, Annisa. (2020). Media Pembelajaran Daring untuk Mata Pelajaran Matematika di SMK Dua Mei. Laporan PLP.

Nuruddin. (2007). Komunikasi Media Massa. Jakarta. P.T Raja Grafindo Persada.

Prayogo, Muhammad Ikhlas. (2020). Implementasi Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Media Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas X TKJ di SMK Dua Mei. Laporan PLP.

Rahmawati, Via. (2020). Implementasi E-Learning di SMK Dua Mei Selama Pandemi Covid-19. Laporan PLP.

Sadikin, Ali. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 6, Nomor 02.

Tim Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Peningkatan Kualitas Pembelajaran (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005), hh.112-113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ