PENGARUH HARGA, TEMPAT DAN PROSES TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSJAKARTA DI JAKARTA SELATAN

Authors

  • Nor lailla Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Transportasi kini menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat Jakarta, khususnya di kawasan Jakarta Selatan. Di antara transportasi yang ada di Jakarta, Transjakarta merupakan salah satu transportasi alternatif yang digunakan masyarakat Jakarta Selatan. Meski kini sudah ada transportasi berbasis online, namun kehadiran Transjakarta tetap dibutuhkan konsumen, selain memiliki harga yang jauh lebih murah, tempat atau tempat berteduh yang mudah dijangkau sehingga tidak menyulitkan masyarakat Jakarta Selatan untuk bisa. dapat mengakses tempat busway dan juga pelayanan yang sangat ramah dari petugas Transjakarta, serta ketepatan waktu dan armadanya sangat mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh harga, tempat dan proses terhadap kepuasan pelanggan TransJakarta di Jakarta SelatanPenelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden pengguna TransJakarta di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei, dianalisis dengan regresi berganda, tujuannya agar lebih fokus dalam menjelaskan permasalahan yang ada.Penelitian ini tidak menemukan bahwa faktor harga, tempat dan proses mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan TransJakarta. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa harga, tempat dan proses tidak secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pelanggan Transjakarta.

Author Biography

Nor lailla, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga. → Buku

Kotler and Amstrong. 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran (Principles of Marketing), Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga. → Buku

Kotler, Philip. 2009. Manajemen

Pemasaran. Jakarta : Erlangga. → Buku

Hasan. 2013. Marketing dan kasus-kasus pilihan. CAPS, Yogyakarta. → Buku

Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: ALFABETHA, 2010 → Buku

Isti Faradisa, Leonardo Budi Hasiholan, dan Maria Magdalena Minarsih, 2016. Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian CoffeeShop Semarang (ICOS CAFÉ). Jurnal Management |Vol. 2 No. 2 → Buku.

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. 2014→ Buku

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, Yogyakarta: Andi → Buku

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Jasa.

Yogyakarta: C,V ANDI OFFSET. → Buku

Tjiptono. Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan & Penelitian.

Downloads

Published

2020-10-07