Pengaruh Media Buku Saku untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kelas X MAN 4 Jakarta

Aida Sumardi, Ahmad Susanto, Silvia Yulianto

Abstract


Penelitian kuantitatif menjadi jenis penelitian yang digunakan untuk menganalisis data yang berupa angka dari hasil tugas peserta didik dalam menulis teks ekspoisisi. Data kedua dari penelitian ini yaitu berupa kuesioner dari responden peserta didik mengenai media pembelajaran yang digunakan. Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya keteranpilan menulis peserta didik dalam mengungkapkan ide serta gagasannya pada materi teks eksposisi kelas X. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan serta mengembangkan keterampilan menulis peserta didik dalam membuat teks dan mengembangkan ide maupun gagasan kedalam bentuk tulisan. Dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik, peneliti menggunakan bantuan berupa media pembelajaran buku saku yang di dalamnya berisi penjelasan materi baik dari pengertian, struktur, ciri-ciri, contoh yang di desain semenarik mungkin. Buku saku yang berukuran kecil ini bertujuan utuk menarik minat belajar peserta didik dan membantu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan media pemebelajaran buku saku sangat membantu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik khususnya pada materi teks eksposisi. Peserta didik mampu menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan. Peserta didik mudah memahami materi yang dijelaskan oleh guru setelah menggunakan media pembelajaran buku saku.


Full Text:

PDF

References


Amaliah, Raden Rizki dkk. 2014. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an. 10(2), 120

Cahyadi,Ani. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Laksita Indonesia.

Listini. (2018). Pengaruh Media Artikel Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Palembang. Jurnal Bindo Sastra. 2(1), 154.

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pemebelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Juenal Kwangsan. 1(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ