Pengaruh Media Kartu Susun Tehadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot

Ahmad Susanto, Aida Sumardi, Ananda Restiana Khoirunisa

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar mengajar. Media kartu susun ini mampu memberikan informasi secara visual kepada peserta didik sehingga dapat memicu pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik untuk belajar dan berkonsentrasi. Hal tersebut dapat digunakan untuk memberikan dampak terhadap peningkatan berpikir peserta didik dalam keterampilan menulis pada menulis teks anekdot. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media kartu susun dalam keterampilan menulis anekdot peserta didik kelas X. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif. Dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar hasil karya peserta didik, lembar observasi, serta wawancara sebagai pendukung keterlaksanaan pembelajaran penerapan media kartu susun dalam pembelajaran menulis teks anekdot dan dampaknya terhadap peningkatan kemampuan menulis teks anekdot pada peserta didik. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran kartu susun dalam kegiatan pembelajaran menulis teks anekdot. Peserta didik dapat menunjukan hasil yang signifikan terhadap pembelajaran tanpa tindakan dan sesudah pembelajaran dengan tindakan berupa media kartu susun. Peserta didik mampu memenuhi aspek-aspek dalam penilaian keterampilan menulis teks anekdot.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Chaer, Abdul. (2011). Cekakak-Cekikik Jakarta. Jakarta: Rineka Cipta.

Danandjaya, James. (2002). Foklor Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Setia Indah. 53.

Hilmi. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Banda Aceh: Lantanida Journal, 4(2), 4. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1885/1407

Ibnu, S. (2003). Dasar- Dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang

Jalmur, Nizwardi. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 4.

Miftah. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Kawangsan, 1(2), 6-7. Retrieved from https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7/6

Wardani, dkk. (2017). “Studi Kasus Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Surakarta”. Aksara, 2(1), 2.

Yulia, Arifin. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasidalam Pembelajaran Ips Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii di Smp Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Riau Kepulauan Batam, 10(4), 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ