Pengaruh Media Kartu Susun Tehadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot

Authors

  • Ahmad Susanto Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. A. Dahlan Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419
  • Aida Sumardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. A. Dahlan Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419
  • Ananda Restiana Khoirunisa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. A. Dahlan Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar mengajar. Media kartu susun ini mampu memberikan informasi secara visual kepada peserta didik sehingga dapat memicu pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik untuk belajar dan berkonsentrasi. Hal tersebut dapat digunakan untuk memberikan dampak terhadap peningkatan berpikir peserta didik dalam keterampilan menulis pada menulis teks anekdot. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media kartu susun dalam keterampilan menulis anekdot peserta didik kelas X. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif. Dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar hasil karya peserta didik, lembar observasi, serta wawancara sebagai pendukung keterlaksanaan pembelajaran penerapan media kartu susun dalam pembelajaran menulis teks anekdot dan dampaknya terhadap peningkatan kemampuan menulis teks anekdot pada peserta didik. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran kartu susun dalam kegiatan pembelajaran menulis teks anekdot. Peserta didik dapat menunjukan hasil yang signifikan terhadap pembelajaran tanpa tindakan dan sesudah pembelajaran dengan tindakan berupa media kartu susun. Peserta didik mampu memenuhi aspek-aspek dalam penilaian keterampilan menulis teks anekdot.

Author Biographies

Ahmad Susanto, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. A. Dahlan Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. A. Dahlan Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419

Aida Sumardi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. A. Dahlan Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. A. Dahlan Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419

Ananda Restiana Khoirunisa, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. A. Dahlan Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. A. Dahlan Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Chaer, Abdul. (2011). Cekakak-Cekikik Jakarta. Jakarta: Rineka Cipta.

Danandjaya, James. (2002). Foklor Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Setia Indah. 53.

Hilmi. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Banda Aceh: Lantanida Journal, 4(2), 4. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1885/1407

Ibnu, S. (2003). Dasar- Dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang

Jalmur, Nizwardi. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 4.

Miftah. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Kawangsan, 1(2), 6-7. Retrieved from https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7/6

Wardani, dkk. (2017). “Studi Kasus Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Surakarta”. Aksara, 2(1), 2.

Yulia, Arifin. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasidalam Pembelajaran Ips Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii di Smp Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Riau Kepulauan Batam, 10(4), 4.

Downloads

Published

2020-10-07