Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An - Nizomiyah

Agus Suradika, Andi Ahmad Gunadi, Sastra Aditya Jaya

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mengganggu beragam aktivitas manusia termasuk dalam sektor pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis situasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dengan bantuan media youtube serta menganalisis tingkat efisiensi guru dalam pembelajaran jarak jauh yang telah dilakukan. Hasil penelitian di kelas III SD Islam An – Nizomiyah menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka secara langsung tidak dilakukan di sekolah ini, karena Jakarta merupakan daerah yang ditetapkan sebagai zona merah. Pembelajaran jarak jauh atau daring dipilih sebagai alternatif agar pembelajaran tetap dapat terlaksana tanpa melibatkan  interaksi langsung antara guru dan peserta didik. Pembelajaran jarak jauh bahkan terancam dipermanenkan jika angka penularan Covid-19 masih masif terjadi. Adapun youtube sebagai salah satu platform digital yang cukup banyak diminati oleh pengguna intenet di Indonesia sangat potensial menjadi sumber media pembelajaran. Youtube mudah diintegrasikan dalam pembelajaran jarak jauh karena kesamaan fungsinya yang tidak memerlukan kesatuan ruang dan waktu dalam pembelajaran. Namun demikian, efisiensi guru dalam menggunakan platform youtube perlu ditingkatkan. Tanpa adanya kreatifitas dan kemampuan guru dalam menghadrikan konten video pembelajaran yang menarik maka tujuan pembelajaran jarak jauh tidak akan tercapai. Indikator pembelajaran jarak jauh juga terletak pada peran peserta didik sebab interaksi dapat terjalin apabila peserta didik aktif dalam pembelajaran. Selain itu dukungan fasilitas diperlukan terutama pemerataan jaringan dan stabilisasi jaringan sehingga pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan pemanfaatan media digital dapat berjalan dengan lancar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Brillianing, P., dan Hapsari, K.P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4 (2), 282-289.

Hariani, P.P. dan Wastuti, S.N.Y. 2020. Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3 (2), Halaman 41-49. doi:https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4656.

Herliandary,L.D. et al. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), doi:https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41–48.

Salehudin, M. 2020. Dampak Covid-19 : Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Mudarrisuna, 10 (1), 1-14. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i1.6755.

Samosir, F.T.,et al. 2020. Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4 (2), 81-91.

Sari, L. 2020. Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu, 4 (1), 1074-1084.

Sari, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenieal Di Era Digital. Jurnal Professional FIS UNIVED, 6 (2), 30-42.

We Are Social (Hootsuite). Indonesian Digital Report 2020. https://andilink/hootsuite-we-are-social-Indonesian-digital-report-2020/. Di akses pada 10 September 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ