Efektifitas Penggunaan Whatsapp sebagai Media Belajar Kelas II SD Islam An Nizomiyah

Devi Diafani Dishinta

Abstract


Tulisan ini membahas tentang permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas II A SD Islam An Nizomiyah. Terdapat dua permasalahan, yaitu kurang efektifnya penggunaan aplikasi whatsaap bagi siswa kelas II A serta masih banyaknya siswa yang tidak disiplin terhadap pemakaian seragam. Pada pembahasan ini penulis akan jabarkan lebih lengkap mengenai permasalahan yang ada di kelas II A sd Islam An Nizomiyah. Pada metode pelaksanaan ini, peneliti menggunakan jenis observasi dan mengajar. Subjek penelitian atau responden pada pelaksanaan ini adalah siswa kelas II A SD Islam An Nizomiyah. Waktu pelaksanaan yaitu pada hari Senin, 24 Agustus 2020 hingga Kamis, 10 September 2020. Tempat pelaksanaan yang penulis ambil yaitu di SD Islam An Nizomiyah, Pasar Minggu Jakarta Selatan.


Full Text:

PDF

References


Basori. EFEKTIFITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING PADA PERKULIAHAN BODY OTOMOTIF. Tersedia: Kampus UNS Pabelan.

Balogun, J. & Hailey, V.H. (2004) Exploring strategic change. 2nd edition. London: Pearson Education Limited.

Cotton, K. Computer-Assisted Instruction. School Improvement Research Series. Portland, OR: Nortwest Regional Educational Laboratory, May.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. STRATEGI PEMBELAJARAN TEORI DAN APLIKASI. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hilgard, Ernest R. 1984. Theories of Learning. New York: Appleton Century, Crafts Inc.

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Budianingsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gagne. 1979. Principle of Instructional Design. New York: Holt Rinehart and Winston.

Mahnun, Nunu. MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Tersedia: Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012.

Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta, 1995

Rusyan, A. Tabrani dan Daryani, Penuntun Belajar yang Sukses , Nine Karya, Jakarta, 1993

Rusdi Susilana & Cepi Riyana, Media Pembelajaran hakikat pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian,, Wacana Prima, Bandung 2007

Yasmaruddin Bardansyah. Urgensi Penciptaan Lingkungan Berbahasa Asing (Makalah) . 2008

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran , Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003

Ambiyar, Kumpulan Bagan Mahasiswa, Media Pendidikan I , IKIP Padang, 1989

Arief S.Sadiman, dan kawan-kawan, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan , Kenacan, Jakarta, 2007

Rahardjo, R. “Media Pembelajaran” 1986. Dalam Yusufhadi Miarso dan kawankawan. Teknologi Komunikasi Pendidikan . Rajawali. Jakarta, 1986

W.S. Winkel, Psikologi Pengajaran, Media Abadi, Yogyakarta, 2005

Mohamad Surya, Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Mutu Pembel ajaran, h ttp:/ /pdfdatabase.com/download_file_i.php?qq= nilai%20dan%20manfaat%20 media%20pembelajaran&file=8817199&desc. Doc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ