Efektifitas Penggunaan Whatsapp sebagai Media Belajar Kelas II SD Islam An Nizomiyah
Abstract
Tulisan ini membahas tentang permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas II A SD Islam An Nizomiyah. Terdapat dua permasalahan, yaitu kurang efektifnya penggunaan aplikasi whatsaap bagi siswa kelas II A serta masih banyaknya siswa yang tidak disiplin terhadap pemakaian seragam. Pada pembahasan ini penulis akan jabarkan lebih lengkap mengenai permasalahan yang ada di kelas II A sd Islam An Nizomiyah. Pada metode pelaksanaan ini, peneliti menggunakan jenis observasi dan mengajar. Subjek penelitian atau responden pada pelaksanaan ini adalah siswa kelas II A SD Islam An Nizomiyah. Waktu pelaksanaan yaitu pada hari Senin, 24 Agustus 2020 hingga Kamis, 10 September 2020. Tempat pelaksanaan yang penulis ambil yaitu di SD Islam An Nizomiyah, Pasar Minggu Jakarta Selatan.
Full Text:
PDFReferences
Basori. EFEKTIFITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING PADA PERKULIAHAN BODY OTOMOTIF. Tersedia: Kampus UNS Pabelan.
Balogun, J. & Hailey, V.H. (2004) Exploring strategic change. 2nd edition. London: Pearson Education Limited.
Cotton, K. Computer-Assisted Instruction. School Improvement Research Series. Portland, OR: Nortwest Regional Educational Laboratory, May.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. STRATEGI PEMBELAJARAN TEORI DAN APLIKASI. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hilgard, Ernest R. 1984. Theories of Learning. New York: Appleton Century, Crafts Inc.
Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Budianingsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Gagne. 1979. Principle of Instructional Design. New York: Holt Rinehart and Winston.
Mahnun, Nunu. MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Tersedia: Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012.
Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta, 1995
Rusyan, A. Tabrani dan Daryani, Penuntun Belajar yang Sukses , Nine Karya, Jakarta, 1993
Rusdi Susilana & Cepi Riyana, Media Pembelajaran hakikat pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian,, Wacana Prima, Bandung 2007
Yasmaruddin Bardansyah. Urgensi Penciptaan Lingkungan Berbahasa Asing (Makalah) . 2008
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran , Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003
Ambiyar, Kumpulan Bagan Mahasiswa, Media Pendidikan I , IKIP Padang, 1989
Arief S.Sadiman, dan kawan-kawan, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan , Kenacan, Jakarta, 2007
Rahardjo, R. “Media Pembelajaran” 1986. Dalam Yusufhadi Miarso dan kawankawan. Teknologi Komunikasi Pendidikan . Rajawali. Jakarta, 1986
W.S. Winkel, Psikologi Pengajaran, Media Abadi, Yogyakarta, 2005
Mohamad Surya, Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Mutu Pembel ajaran, h ttp:/ /pdfdatabase.com/download_file_i.php?qq= nilai%20dan%20manfaat%20 media%20pembelajaran&file=8817199&desc. Doc
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================