Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah

Authors

  • Doby Putro Parlindungan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Galang Pakarti Mahardika Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dita Yulinar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Abstract

Sejak Bulan Maret 2020 seluruh satuan pendidikan di Indonesia memberlakukan program Belajar di Rumah, atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tepatnya sejak corona virus disease atau Covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia. Pemerintah dengan sigap memberikan perintah untuk semua peserta didik untuk belajar di rumah dan memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal tersebut diberlakukan dalam rangka menghambat penyebaran Virus Covid-19 agar tidak tersebar keseluruh Masyarakat. Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Tujuan penelitiam ini untuk mengukur efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pengumpulan data yang digunakan melalui google form dengan metode kualitatif.

Author Biographies

Doby Putro Parlindungan, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Galang Pakarti Mahardika, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dita Yulinar, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

References

BDK JAKARTA KEMENTRIAN AGAMA RI. Agustus 23, 2020. Form website : https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Prawiyogi, dkk.(2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswan di SDIT Cendikia Purwakarta. 94-101. Retrivied form http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/15347

Putri Rahmadini Utami. (2020). Konsep, Desain, Perbandingan, Dan Implikasi Dari Media Pembelajaran Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Retrieved form https://www.researchgate.net/publication/341204041_KONSEP_DESAIN_PERBANDINGAN_DAN_IMPLIKASI_DARI_MEDIA_PEMBELAJARAN_YANG_DIGUNAKAN_DALAM_PEMBELAJARAN_JARAK_JAUH

Sofyan Hadi (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. 96-102. Retrieved form http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/849

Muhibuddin Fadhli (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. 24-29. Retrieved form http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/157.%20(26

Aprilia Tri Aristina, Sudjarwo, Pujiati (2015). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Mata Kuliah Sejarah Indonesia Abad 16-19. 1-11. Retrieved form https://media.neliti.com/media/publications/41015-ID-implementasi-media-pembelajaran-berbasis-audio-visual-pada-mata-kuliah-sejarah-i.pdf

Downloads

Published

2020-10-07