Video Pinkan-Pinba untuk Mengenalkan Perkalian dan Pembagian Dasar pada Anak Usia 7-8 Tahun

Tiara Astari, Rohimi Zamzam, Natasha Dewitasari

Abstract


Pandemi COVID-19 telah merubah berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, salah satunya dalam aspek pendidikan. Sistem pembelajaran yang semula tatap muka kini berubah menjadi seacara daring. Zoom meeting merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk tetap dapat bertatap muka dalam melakukan pembelajaran meskipun secara virtual. Namun, tidak semua siswa dapat melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut karena kesibukan orang tua yang bekerja di luar rumah. Sehingga materi pembelajaran hanya dapat disampaikan melalui WhatsApp Group. Hal ini membuat para siswa kesulitan dalam menerima materi pembelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika. Maka, peneliti bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi perkalian dan pembagian dasar pada mata pelajaran matematika melalui video Pinkan-Pinba. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan video Pinkan-Pinba, siswa dapat lebih memahami materi perkalian dan pembagian terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa dan frekuensi siswa yang tuntas atau memenuhi kriteria ketuntasan minimal sejak pra siklus, siklus I, hingga siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan video Pinkan-Pinba dapat mengenalkan dan meningkatkan pemahaman siswa dalam materi perkalian dan pembagian dasar dalam mata pelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402.

Asmayani, M. (2018). Pengaruh Metode Pengurangan Berulang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Pembagian Mata Pelajaran Matematika Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Riadhussolihin Thohir Yasin Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Mataram.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Jurnal Sosial & Budaya Syar-, 7(3), 217–226.

Cahyani, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Penerbit Laksita Indonesia.

Ernanida, & Yusra, R. A. (2019). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Jurnal Pendidikan Islam – Murabby, 2(1), 101–112.

Halyadi, H., Agustianie, D., Handayani, T., & Windria, H. (2016). Penggunaan Kobesi Dalam Matematika Gasing Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Perkalian Siswa Sd. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 81–88.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51–56.

Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 22–33.

Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Diakses pada 23 September 2020 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Khoirunisa, S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian dengan Penggunaan Alat Peraga Montessori. Ibtida’i, 5(2), 249–262.

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.

Mukminan, J. S. (2016). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 53–72.

Purnomo, C. H., Rusjono, & Subroto, W. T. (2017). Pengaruh Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(2), 388–396.

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. IAIN Antasari Press.

Rindiantika, Y. (2018). Penerapan Media Dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris: Kajian Teoritik. Journal Intelegensia, 3(1), 1–13.

S, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM:, 8(1), 91–96.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Sudarto. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model NHT Siswa Kelas II SDN Bonangrejo Semester 2 Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Edukasi, 4(1), 4–7.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Taufina. (2017). Tema 2 Bermain di Lingkunganku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas II. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Unaenah, E., Khofifaturrahmah, M., Padyah, Nurbaiti, L., M, N. O., & N, S. Z. (2020). Pembelajaran matematika operasi hitung bilangan bulat dengan alat peraga. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 117–124.

Valerisha, A., & Putra, M. A. (2020). Pandemi Global Covid-19 Dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 1(1), 131–137.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ