Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bilangan Bulat dalam Pembelajaran Daring

Lutfi Syauki Faznur, Khaerunnisa Khaerunnisa, Lutfi Lutfi, Abdul Rohim

Abstract


Pada pandemi Covid-19 ini, tidak seluruh sekolah menerapkan sistem pembelajaran daring, tetapi bagi sekolah yang menerapkan pembelajaran daring pasti memiliki berbagai kendala seperti terbatasnya kuota ataupun sinyal, lebih dari itu kendala yang dihadapi adalah kurangnya interaksi siswa pada saat proses pembelajaran. Salah satu pokok bahasan yang seharusnya memerlukan perhatian lebih dari guru adalah pokok bahasan soal cerita materi bilangan bulat pada mata pelajaran matematika. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bilangan bulat dalam pembelajaran daring. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 177 Jakarta yang dipilih berdasarkan saran guru pelajaran menggunakan snowball sampling. Siswa yang dipilih berdasarkan hasil nilai PTS dengan membagi kriteria akademik tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan trangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bilangan bulat pada pembelajaran daring adalah miskonsepsi terhadap konsep soal cerita pada operasi seperti pembagian dan ada juga siswa yang tidak mengerti empat soal dari lima soal yang diberikan. Selain itu, siswa juga kesulitan menerjemahkan bentuk soal cerita kedalam bentuk matematika.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong, L. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muijs, D. dan Reynolds, D. 2008. Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Widdiharto, R. 2008. Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika: Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ