Penerapan PDCA Dalam Meminimasi Cacat Produk Scratch Di Line Assembly Frame PT. XYZ

Nelfiyanti Nelfiyanti, Casban Casban, Renty Anugerah Mahaji Puteri, Anwar Ilmar Ramadhan, Ery Diniardi

Abstract


PT. XYZ bergerak dibidang otomotif kendraan roda dua. Dalam proses produksinya sering mengasilkan cacat produk diluar dari standar yang ditentukan oleh perusahan. Cacat produk yang dibahas pada penelitian ini adalah cacat scratch yang memiliki persantase cacat rata- rata 2,39% yang mana melebihi dari standar cacat perusahaan yaitu sebesar 0,2%. Cacat scratch terdiri dari 3 jenis cacat yaitu bagian main frame, brake handle sebesar, dan rear arm. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor penyebab cacat scratch dan untuk menurunkan cacat scratch dengan menggunakan metode PDCA pada bagian line assembly frame. Tahapan yang dimulai dari tahap identifikasi masalah untuk mengetahui permasalahan yang perlu dilakukan langkah perbaikan.Tahapan kegiatan mengumpulkan data yang diperoleh berdasarkan hasil pengamatan langsung dan data cacatan perusahaan. Tahapan pengolahan data dilakukan melalui pembuatan diagram pareto, diagram fishbone dan Analisis 5W+1H. Dari hasil penerapan PDCA cacat produk scratch menurun menjadi 0,56%, dalam hal ini terjadi penurunan % cacat 1,84% dari sebelumnya sebesar 2,39%. Hal ini sangat berpengaruh kepada kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan.


Full Text:

PDF

References


Dahniar, Tedi (2018). Analisa movement fuel menggunakan Quality Control Circle (QCC) untuk mengurangi NG No Conection di PT. INS. Teknologi Vol.1 Nomor 1, h. 35-42.

Dharsono, WardhanaWahyu (2017). Penerapan Quality Control Circle pada proses produksi wafer guna mengurangi cacat produksi (Studi Kasus di PT XYZ Jakarta). Jurnal Teknologi dan Rekayasa, Volume 2, No 1, h. 31-39.

Fadly, M, dan Dedi Yulhendra. (2018). Optimalisasi peralatan tambang Komatsu HD 785 dan Caterpillar 6030 BH menggunakan metode Quality Control Circle untuk memenuhi target produksi batu gamping pada PT. Semen Padang (Persero) Tbk. Jurnal Bina Tambang, Vol. 4, No, 3, h.340-351.

Gaspersz, V. (2005). Total Quality Management. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hafid, dkk (2019). Perbaikan kualitas produk pada industri pembuat komponen logam dengan penerapan metode Quality Control Circle. JMI Vol. 41 No. 1, h.1-10.

Heizer, Jay, dan Render, Berry. (2015). Manajemen Operas i: Manajemen keberlangsungan dan rantai pasokan. Terjemahan oleh Hirson Kurnia dkk. 2015. Jakarta : Salemba Empat.

Hendi, Tannad (2015). Pengendalian kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Khamaludin, dkk (2019). Implementasi metode Quality Control Circle untuk menurunkan jumlah sisa sampel pengujian compound. Jurnal optimasi sistem industry. Vol. 18, No. 2, h.176-185.

Kusuma, dkk (2014). Pengendalian kualitas untuk mengurangi jumlah cacat produk dengan metode Quality Control Circle (QCC) Pada PT Nayati Group Semarang.Jurnal Online Teknik Industri Universitas Dian Nuswantoro Vol 1, No 1.

Malayu, Hasibuan (2007). Manajemen sumber daya manusia . Jakarta: Bumi Aksara.

Riadi, Slamet, Haryadi (2019). Pengendalian jumlah cacat produk pada proses cutting dengan metode Quality Control Circle (QCC) pada PT. Toyota Boshoku Indonesia (TBINA). Journal Industrial Manufacturing. Vol. 4, No. 1, pp. 27-36.

Riyanto.O.A.W.(2015). Implementasi metode Quality Control Circle untuk meneurunkan tingkat cacat produk alloy wheel. Jurnal Online Teknik Industri Universitas Brawijaya. Vol 2, No 3.

Safrizal (2016). Pengendalian kualitas dengan metode Six Sigma. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol 5, No.2.

Sritomo, Wignjosoebroto (2006) . Pengantar teknik dan manajemen industri. Surabaya : Guna Widya.

Sulaeman (2018). Analisa pengendalian kualitas untuk mengurangi produk cacat speedometer mobil dengan menggunakan metode Quality Control Circle di PT INS. Jurnal PASTI Volume VIII No 1, 71 – 95.

Sutarti (2019). Pengendalian kualitas untuk mengurangi jumlah cacat bahan baku dan menaikkan keuntungan dengan metode Quality Control Circle (QCC) pada pembuatan tas kulit di sentra kerajinan kulit Magetan. Eduscotech, Vol.1 No.1, h. 52-62.

Yuvitas, eva. (2017). Analisis pengendalian kualitas produk dengan metode Six sigma pada PT. Mahakam Media Grafika di baikpapan. E-journal Administrasi bisnis Vol. 5, No. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ