Efektivitas Pembelajaran Matematika Daring Melalui Quantum E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Grafika

Lidiyatul Izzah, Herwina Bahar, Wilda Yanti

Abstract


Adanya pandemi covid-19 cukup berdampak pada kemajuan di bidang pendidikan. Oleh karena itu, pihak-pihak sekolah dan pengajar harus mampu memilih media pembelajaran yang mudah dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran daring menggunakan Quantum e-Learning selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Quantum e_learning  adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan sekolah-sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang fokus pada evaluasi pembelajaran menggunakan Quantum e-Learning. Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik SMK Grafika Lebak Bulus yang diajarkan pada mata pelajaran matematika menggunakan metode daring. Sampel penelitian yakni peserta didik kelas XD dan XE yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara daring. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan peserta didik menilai pembelajaran matematika menggunakan Quantum e-Learning sangat efektif (5,7%), sebagian besar mereka menilai efektif (20,8%), dan paling banyak menilai biasa saja (58,5). Ada juga peserta didik yang menganggap tidak efektif dan sangat tidak efektif (7,5%), maka pendidik harus memenuhi saran dari responden, yaitu sebagai berikut: (1) Rangkuman materi pembelajaran lebih ringkas namun jelas dan mudah dipahami; (2) Kurangi mengirim file atau video berat sehingga bisa menghemat kuota; (3) Sebisanya video pembelajaran langsung dibuat oleh guru matematika bukan video dari YouTube; (4) Lebih sering mengingat peserta didik jika ada tugas; (5) Sebelum memberikan tugas pastikan peserta didik sudah mengumpulkan tugas sebelumnya sehigga tugas tidak menumpuk; (6) Pembahasan tugas harus mudah dimengerti dan menyertakan cara kerjanya.


Full Text:

PDF

References


Azka, Raekha. (2019). Media Sosial dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Prosiding Sendika, 5 (1). 227. Retrieved from file:///D:/Documents/Downloads/715-1739-1-PB%20(1).pdf

Chaidirman., Indriastuti, D., & Narmi. (2019). Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gadget) pada Kalangan Remaja Suku Bajo. Jurnal of Holistic Nursing and Health Science, 2 (2). 39. Retrieved from file:///D:/Documents/Downloads/6954-21065-1-SM.pdf

Firdaus, Indra Cahya. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2 (1), 58. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/261229-pengaruh-penggunaan-media-pembelajaran-d-a22d25dd.pdf

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Update Covid-19. Jakarta.

Kurtanto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3 (1). 101, Retrieved from file:///D:/Documents/Downloads/1820-5909-3-PB.pdf

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disese (Covid-19). Jakarta. Nadiem Anwar Makarim.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Al asma: Journal of Islamic Education, 2 (1), 10. Retrieved from file:///D:/Documents/Downloads/13646-36213-1-PB.pdf

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3 (1). 174. Retrueved from https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9 (1). 16. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/118596-ID-efektivitas-pembelajaran.pdf

Sari, Pusvyta. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Qura, 6 (2). 33. Retrieved from file:///D:/Documents/Downloads/2048-Article%20Text-5465-1-10-20160821.pdf

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1 (1), 21. Retrieved from file:///D:/Documents/Downloads/252-765-1-PB%20(1).pdf

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Welleness and Healthy Magazine, 2 (1), 187. Retrieved from file:///D:/Documents/Downloads/95-284-1-PB%20(1).pdf

Yustika, G. P., Subagyo, A., Iswati, S. (2019). Masalah yang Dihadapi Dunia Pendidikan Dengan Tutorial Online: Sebuah Short Review. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3 (2). 195. Retrieved from file:///D:/Documents/Downloads/Masalah_Yang_Dihadapi_Dunia_Pendidikan_Dengan_Tuto.pd


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ