Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Munifah Bahfen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Farihen Farihen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,
  • Nurul Lailatul Fitri Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,

Abstract

Life skill (kecakapan hidup) pada anak usia dini merupakan pendidikan yang memberikan kecakapan personal, kecakapan social, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional untuk berusaha atau hidup mandiri. Keempat komponen kecakapan tersebut sangat penting untuk diterapkan sejak dini. Dengan menguasai kecakapan hidup anak diharapkan dapat bertahan hidup dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Salah satu kecakapan hidup yang perlu diajarkan untuk anak adalah life skill berpakaian atau kecakapan hidup berpakaian, pada kecakapan ini anak akan diajarkan untuk memilih sendiri pakaian yang ingin dan senang ia pakaikan dan memakainya sendiri dengan kedua tangannya. Hal ini diketahui bukan hanya dapat meningkatkan kognitif dan motorik saja. Akan tetapi kelak ketika ia dewasa hal ini akan melatih anak untuk menentukan apa yang ia inginkan, apa yang ia butuhkan dan tentu saja untuk dapat menentukan tujuannya kelak ketika ia dewasa, serta dapat melatih dan menumbuhkan jiwa kemandirian anak. Karena tidak selamanya ia akan selalu dibantu oleh orang tuanya dan pengasuhnya karna ada kalanya dan masanya ia harus bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik wawancara untuk mendapatkan informasi mengenai hal ini. Hasil dari penelitian ini, sebagian dari orang tua sudah memahami pentingnya life skill berpakaian untuk anak usia dini dan bahkan sudah ada yang menerapkan untuk membiasakan anaknya berpakaian dan memilihnya sendiri. Walaupun masih ada beberapa anak yang masih memerlukan bantuan orang tua dan pengasuhnya.

Author Biographies

Munifah Bahfen, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan

Farihen Farihen, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,

Nurul Lailatul Fitri, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,

References

Suryana Dadan. Hakikat Anak Usia Dini. PAUD 107/ MODUL http://repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf

Muhibah Bibah. 2011. PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA. UNNES http://lib.unnes.ac.id/11072/1/12256.pdf

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta Gaung Persada, 2009) cet 1 h. 11.

Nugrahani Dyah, Senowarsito, Egar Ngasbun dan Sumardiyani. 2011. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS LIFE SKILLS.E-Dimas Jurnal Pengabdian Masyarakat. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/102

Utami Dwi Rahayu. PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) UNTUK ANAK USIA DINI. https://osf.io/wtqu/download/?format+pdf.

Downloads

Published

2020-10-07