Dinamika Pembelajaran Berbasis Daring Peserta Didik Kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 Saat Pandemi

Aulia Maharani, Ahmad Susanto, Mutiarani Mutiarani

Abstract


Di masa pandemi Covid-19, pemerintah mengambil kebijakan dengan menerapkan social distancing untuk meminimalisir penularan COVID-19. Oleh karena itu, segala kegiatan seperti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah  harus dilakukan di rumah atau dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun, pelaksanaan pembelajaran daring juga tak lepas dari masalah. Ada banyak masalah-masalah yang ditemukan saat proses pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai apa saja masalah pembelajaran daring di kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 Sawangan, selama pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil wawancara dan observasi disajikan secara deskriptif. Jumlah partisipan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah sekaligus guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 9 dan siswa kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan saat pembelajaran daring di kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 Sawangan, diantaranya adalah ada beberapa siswa yang belum memiliki ponsel pribadi sehingga tidak dapat hadir saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, ada beberapa siswa yang tertinggal informasi dan telat mengirim tugas karena tidak memiliki kuota internet, banyak siswa yang mengeluh karena memori ponsel yang tidak mencukupi untuk mengunduh aplikasi belajar dan materi-materi pembelajaran yang dikirim oleh guru, banyak siswa yang tidak hadir saat pertemuan melalui Google Meet, dan banyak siswa yang tidak mengirimkan tugas harian sama sekali.


Full Text:

PDF

References


Aderholt, R. (2020, March). Coronavirus

outbreak shining an even brighter light on internet disparities in rural America. The Hill

Afify, M. K. (2018). The Impact of

Interaction between Timing of Feedback Provision in Distance E-Learning and Learning Styles on achieving Learning Outcomes among Arab Open University

Students. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(7). https://doi.org/10.29333/ejmste/91619

Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada

Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar'i, 395 - 402.

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A.

(2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif

Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.

https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Anugrah, D. (2020). Dinamika

pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Berita Magelang.

Arbar, T. F. (2020, August 8). CNBC Indonesia. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200808131423-4-178414/10-besar-negara-terinfeksi-corona-as-nomor-1-ri-berapa

Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K.,

Abdrahmanova, A., & Umitkaliev, U. (2015). Special aspects of distance learning in educational system. Anthropologist,

(3), 449-454. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891900

Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran

Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. PikiranRakyatcom.

https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal

Bell, S., Douce, C., Caeiro, S., Teixeira, A.,

Martin-Aranda, R., & Otto, D.

(2017). Sustainability and distance learning: a diverse European experience? Open Learning, 32(2), 95-102. https://doi.org/10.1080/02680513.2017.1319638

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015).

Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring.

Cahyono, G., & Hassani, N. (2020). YOUTUBE: SENI KOMUNIKASI DAKWAH DAN MEDIA. AL-HIKMAH: Jurnal Dakwah, 023-038.

Debora, Y. (2020, September 2). Tirto.id. Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/kuota-gratis-kemendikbud-syarat-cara-daftar-dan-rincian-bantuan-f2ZU

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’

Perceptions on the Effectiveness of

the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress.

https://doi.org/10.1017/CBO978110715324.004

Hasibuan, J. (2020, September 13). Kompasiana. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/josehasibuan/5f27aff9d541df52aa7e2c44/dear-guru-pahami-4-kuadran-pjj-ini-sebelum-mengajar-daring?page=all

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui

Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia, 126-130.

Iftakhar, S. (2016). GOOGLE

CLASSROOM: WHAT WORKS AND HOW? Journal of Education and Social Sciences.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1 - 10.

Karp, P., & McGowan, M. (2020, March).

“Clear as mud” schools ask for online learning help as coronavirus policy confusion persists Australia news. The Guardian.

Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social

Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education.

https://doi.org/10.4018/ijicte.201901007

Lee, C. S. et al. (2017) „Making sense of

comments on YouTube educational videos: A self-directed learning perspective‟, Online Information Review, 41(5), pp. 611–625. doi: 10.1108/OIR-09-2016-0274.

Leibold, N., & Schwarz, L. M. (2015).

The Art of Giving Online Feedback. 15, 13.

Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019).

PENGGUNAAN APLEN (APLIKASI ONLINE) SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 1, No. 01)

Pane, M. D. (2020, September 2020). Alodokter. Retrieved from Alodokter.com: https://www.alodokter.com/virus-corona

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., &

Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan

Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M.,

Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychologi and Counseling, 2(1), 1–12.

Rahim Almoswai, F. and Rashid, B. (2017)

"The Effectiveness of Using Youtube Video on Efl Iraqi College Students‟ Performance in Grammar At Missan University‟, PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 3(1), pp. 391–402. doi: 10.20319/pijss.2017.s31.391402.

Sicat, A. S. (2015). Enhancing College

Students’ Proficiency in Business

Writing Via Schoology. International Journal of Education and Research So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016Zj.iheduc.2016.06.00

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019).

PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA. SCAFFOLDING:Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.

Saputra, Y. and Fatimah, A. S. (2018)

"Theuse of TED and YouTube in extensive listening course: Exploring possibilities of autonomy learning‟, Indonesian Journal of English Language Teaching, 13(1), pp. 73–84.

Suryawan, O. (2020). Guru Diminta Aktif

Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. BBALIPUSPANEWS.COM

UNESCO. (2020a). Distance learning

solutions. UNESCO’s COVID-19 Education Response.

Wigati, S., Rahmawati, D. S. and Widodo,

S. A. (2014) „PENGEMBANGAN YOUTUBE PEMBELAJARAN BERBASIS KI HADJAR DEWANTARA UNTUK MATERI INTEGRAL DI SMA‟, Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, pp. 810–813


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ