Dinamika Pembelajaran Berbasis Daring Peserta Didik Kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 Saat Pandemi
Abstract
Di masa pandemi Covid-19, pemerintah mengambil kebijakan dengan menerapkan social distancing untuk meminimalisir penularan COVID-19. Oleh karena itu, segala kegiatan seperti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah harus dilakukan di rumah atau dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun, pelaksanaan pembelajaran daring juga tak lepas dari masalah. Ada banyak masalah-masalah yang ditemukan saat proses pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai apa saja masalah pembelajaran daring di kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 Sawangan, selama pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil wawancara dan observasi disajikan secara deskriptif. Jumlah partisipan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah sekaligus guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 9 dan siswa kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan saat pembelajaran daring di kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 Sawangan, diantaranya adalah ada beberapa siswa yang belum memiliki ponsel pribadi sehingga tidak dapat hadir saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, ada beberapa siswa yang tertinggal informasi dan telat mengirim tugas karena tidak memiliki kuota internet, banyak siswa yang mengeluh karena memori ponsel yang tidak mencukupi untuk mengunduh aplikasi belajar dan materi-materi pembelajaran yang dikirim oleh guru, banyak siswa yang tidak hadir saat pertemuan melalui Google Meet, dan banyak siswa yang tidak mengirimkan tugas harian sama sekali.
Full Text:
PDFReferences
Aderholt, R. (2020, March). Coronavirus
outbreak shining an even brighter light on internet disparities in rural America. The Hill
Afify, M. K. (2018). The Impact of
Interaction between Timing of Feedback Provision in Distance E-Learning and Learning Styles on achieving Learning Outcomes among Arab Open University
Students. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(7). https://doi.org/10.29333/ejmste/91619
Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada
Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar'i, 395 - 402.
Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A.
(2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif
Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.
https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Anugrah, D. (2020). Dinamika
pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Berita Magelang.
Arbar, T. F. (2020, August 8). CNBC Indonesia. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200808131423-4-178414/10-besar-negara-terinfeksi-corona-as-nomor-1-ri-berapa
Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K.,
Abdrahmanova, A., & Umitkaliev, U. (2015). Special aspects of distance learning in educational system. Anthropologist,
(3), 449-454. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891900
Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran
Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. PikiranRakyatcom.
https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal
Bell, S., Douce, C., Caeiro, S., Teixeira, A.,
Martin-Aranda, R., & Otto, D.
(2017). Sustainability and distance learning: a diverse European experience? Open Learning, 32(2), 95-102. https://doi.org/10.1080/02680513.2017.1319638
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015).
Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring.
Cahyono, G., & Hassani, N. (2020). YOUTUBE: SENI KOMUNIKASI DAKWAH DAN MEDIA. AL-HIKMAH: Jurnal Dakwah, 023-038.
Debora, Y. (2020, September 2). Tirto.id. Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/kuota-gratis-kemendikbud-syarat-cara-daftar-dan-rincian-bantuan-f2ZU
Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’
Perceptions on the Effectiveness of
the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress.
https://doi.org/10.1017/CBO978110715324.004
Hasibuan, J. (2020, September 13). Kompasiana. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/josehasibuan/5f27aff9d541df52aa7e2c44/dear-guru-pahami-4-kuadran-pjj-ini-sebelum-mengajar-daring?page=all
Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui
Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia, 126-130.
Iftakhar, S. (2016). GOOGLE
CLASSROOM: WHAT WORKS AND HOW? Journal of Education and Social Sciences.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1 - 10.
Karp, P., & McGowan, M. (2020, March).
“Clear as mud” schools ask for online learning help as coronavirus policy confusion persists Australia news. The Guardian.
Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social
Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education.
https://doi.org/10.4018/ijicte.201901007
Lee, C. S. et al. (2017) „Making sense of
comments on YouTube educational videos: A self-directed learning perspective‟, Online Information Review, 41(5), pp. 611–625. doi: 10.1108/OIR-09-2016-0274.
Leibold, N., & Schwarz, L. M. (2015).
The Art of Giving Online Feedback. 15, 13.
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019).
PENGGUNAAN APLEN (APLIKASI ONLINE) SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 1, No. 01)
Pane, M. D. (2020, September 2020). Alodokter. Retrieved from Alodokter.com: https://www.alodokter.com/virus-corona
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., &
Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan
Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M.,
Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychologi and Counseling, 2(1), 1–12.
Rahim Almoswai, F. and Rashid, B. (2017)
"The Effectiveness of Using Youtube Video on Efl Iraqi College Students‟ Performance in Grammar At Missan University‟, PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 3(1), pp. 391–402. doi: 10.20319/pijss.2017.s31.391402.
Sicat, A. S. (2015). Enhancing College
Students’ Proficiency in Business
Writing Via Schoology. International Journal of Education and Research So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016Zj.iheduc.2016.06.00
Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019).
PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA. SCAFFOLDING:Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.
Saputra, Y. and Fatimah, A. S. (2018)
"Theuse of TED and YouTube in extensive listening course: Exploring possibilities of autonomy learning‟, Indonesian Journal of English Language Teaching, 13(1), pp. 73–84.
Suryawan, O. (2020). Guru Diminta Aktif
Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. BBALIPUSPANEWS.COM
UNESCO. (2020a). Distance learning
solutions. UNESCO’s COVID-19 Education Response.
Wigati, S., Rahmawati, D. S. and Widodo,
S. A. (2014) „PENGEMBANGAN YOUTUBE PEMBELAJARAN BERBASIS KI HADJAR DEWANTARA UNTUK MATERI INTEGRAL DI SMA‟, Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, pp. 810–813
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================