Strategi Pendidik Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelompok B KB/TK Al-IKHLAS

Sriyanti Rahmatunnisa, Imam Mujtaba, Annisa Rizki Alfiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendidik anak usia dini dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada kelompok B KB/TK Al-IKHLAS. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, untuk memaparkan tentang bagaimana strategi pendidik anak usia dini khususnya guru dalam pembelajaran daring ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan gabungan ketiganya (triangulasi).   Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru di kelompok B KB/TK AL-IKHLAS bernama Mn dan An. Penelitian dilakukan di TK Al-Ihklas, Jl. H. Syaip, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan guru adalah: 2 minggu sekali orang tua mengambil amplop berisi tugas-tugas yang harus dikerjakan anak, tugas berupa lembar kerja (LK). Setelah dikerjakan difoto dan foto dikirim ke guru melalui WA, selain itu LK yang sudah dikerjakan dikirim Kembali ke guru untuk porto folio. Zoom meeting dilakukan dua kali dalam seminggu, satu kali zoom meeting kelas, dihadiri oleh semua murid di kelas dengan didampingi orang tua. Kegiatan pembelajaran sesuai tema dan sub tema yang sedang berlangsung. satu kali zoom meeting mandiri (1 guru 1 murid). Strategi pembelajaran yang dilakukan guru cukup efektif untuk tetap membuat anak belajar dengan tetap berpegang pada prinsip Pendidikan anak usia dini yaitu belajar melalui bermain


Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.(7),5,395-402. https://core.ac.uk/download/pdf/32599 2698.pdf

Atiqoh, L. N. (2020). RESPON ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45-52. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/6925.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/579.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/ article/view/17707.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373-384.

https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/548.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119-129. http://www.jurnalrespirologi.org/index. php/jri/article/view/101.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jt p/article/view/15286.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158-167. https://www.obsesi.or.id/index.php/obs esi/article/view/530.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covif-19.Jakarta. Kemendikbud.

Novanda, G. D. (2020). Advocacy and Legal Aid During Covid-19 Pandemic: How Indonesia Survives?. The Indonesian Journal of International Clinical Legal Education, 2(2), 101-110. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/iccle/article/view/38331.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/574.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sobron, A. N.,Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019, October). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ