Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Materi SPLTV melalui Pendekatan Problem Posing bagi Siswa Kelas X

Wika Soviana Dewi, Imam Mujtaba, Aulia Rachma Putri Mandhira

Abstract


Pada dasarnya, matematika bertujuan untuk membantu melatih pola pikir siswa agar mampu memecahkan masalah baik masalah dalam bidang matematika maupun masalah dalam kehidupan sehari-hari, namun kebanyakan siswa tidak berminat belajar matematika karena siswa memandang matematika sebagai bidang studi yang abstrak. Siswa yang memiliki Minat belajar tinggi akan cenderung tekun, ulet, semangat dalam belajar, pantang menyerah dan senang menghadapi tantangan. Siswa yang memiliki tingkat minat belajar rendah, umumnya akan malas belajar, cenderung menghindar dari tugas dan pekerjaan yang berbau Matematika. Problem Posing merupakan metode yang mewajibkan siswa menyusun pertanyaan sendiri. Pembentukan soal yang dilibatkan dalam pembelajaran akan memotivasi siswa untuk aktif. Siswa berusaha merumuskan soal sesuai perintah yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajan Sistem Persamaan Linear Tiga Varibel menggunakan metode Problem Posing dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil observasi sebelum tidakan rata-rata sebesar 56% kemudian meningkat pada setelah tidakan menjadi 84%


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat Puput Wahyu & Widjajanti Djamilah Bondan (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1): 63-75.

Mahmuzah Rifaatul (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1).

Nurhasanah Siti & Sobandi A (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 128-135.

Sirait Erlando Doni. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1): 35-43.

Wibowo Aji (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1): 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ