Pembelajaran Virtual : Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Test Bahasa Inggris dengan Google Form

Authors

  • Zaitun Zaitun Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aswir Aswir Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • dinda Putri Ainunnisa Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi siswa dalam mengerjakan tes bahasa Inggris meningkat melalui penggunaan media tes Google Form. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dimana hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk persentase kemudian dideskripsikan. Penelitian dilakukan di MTs Muhammadiyah 1 Ciputat, dengan jumlah sampel sebanyak 22 siswa kelas VIII. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket yang mengukur motivasi siswa terhadap media Google Form berupa 4 Likert-scale yang terdiri dari 15 butir pernyataan. Angket telah terlebih didahulu melalui proses validasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa 30,30% siswa merespon ‘Sangat Setuju’, 53,03% siswa menjawab ‘Setuju’, 15,45% siswa memberi tanggapan ‘Tidak Setuju’ dan 1,22% siswa berada pada pilihan ‘Sangat Tidak Setuju’. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sebanyak 83,33% siswa memberi tanggapan positif terhadap penggunaan media Google Form dalam mengerjakan tes bahasa Inggris. Dengan kata lain, dalam proses pembelajaran virtual, Google Form yang digunakan sebagai media pemberian tes bahasa Inggris, dapat meningkatkan motivasi siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan dalam mengerjakan tes tersebut.

Author Biographies

Zaitun Zaitun, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Aswir Aswir, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

dinda Putri Ainunnisa, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Arsyad. Azhar. (2011). Media Pembelajaran Cet. 14, Jakarta, Raja Grafindo Persasda.

Brandão & Vargas. (2016). Assessment experiences in digital technologies in education, accessed from: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000247330

Gultom, E. (2016). Assessment and evaluation in EFL teaching and learning, Proceedings of the 4th international seminar on English language and teaching (ISELT-4), hal. 190.

James, F. (2017). The effects of technology on student motivation and engagement in classroom-based learning (unpublished dissertation), University of New England, Portland & Biddeford, Maine.

Mateer, et.al. (2012). Using media to enhance teaching and learning. Pedagogy in action, the search portal for educators, access from: https://serc.carleton.edu/sp/library/media/what.html.

Mubarak, dkk. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, Vo. 4 (2), hal. 228-34.

Poerwanti, E., dkk.(2008). Asesmen pembelajaran di SD. Dirjen Dikti Diknas.

Wu & Lee. (2017). Language testing in Asia, article no. 9, p. 1-21.

Downloads

Published

2020-10-07