Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi

Windi Anggraini, Apri Utami Parta Santi, Muhammad Ishaq Gery

Abstract


Penyebaran virus corona (Covid-19) yang terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia saat ini menyebabkan salah satu sektor yaitu sektor pendidikan, tetap mengharuskan seluruh peserta didik di Indonesia untuk menempuh pendidikan. Oleh karena itu pemerintah menetapkan pembelajaran jarak jauh melalui audio visual. Pembelajaran di kelas III SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi proses pembelajaran melalui WhatsApp Group dikarenakan sedang pandemi virus corona untuk itu pembelajaran melalui audio visual seperti menggunakan WhatsApp Group. Supaya proses pembelajaran tidak membosankan pendidik menyiapkan media pembelajaran yang menarik, kreatif dan mampu melatih konstrensi peserta didik. Di kelas III pendidik menggunakan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran. Penggunaan aplikasi quizizz di kelas III ternyata sudah digunakaan saat pembelajaran jarak jauh. Sudah seharusnya dalam bidang pendidikan Indonesia harus lebih maju mengikuti perkembangan teknologi atau revolusi industri 4.0. Dalam penelitian ini permasalahan yang akan dibahas yaitu pemanfaatan aplikasi quizizz dalam pembelajaran tematik dengan pembelajaran jarak jauh untuk kelas III. Dari hasil penelitian peserta didik sangat antusias dalam mengerjakan soal-soal dan mampu melatih kognitif dan konsentrasi peserta didik dalam menjawab soal, serta bahan evaluasi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arifin, A. N., & Hala, Y. (2015). Pemanfaatan Kahoot sebagai quiz game interaktif bagi pendidik di Kabupaten Gowa. 526–529.

Bahar, Ayunara. (2017). Membuat Kuis Interaktif Kelas dengan Quizizz. Interact website: http://www.ahzaa.net/

Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif di SDN 7 Bukit Tunggal. 124–134.

Darmaningrat, E. W. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning pada Pembelajaran Pengayaan Di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Surabaya: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. (4), 104–117.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40–55.

Kadi, T, & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. Retrieved from https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i 2.32

Maovangi Day, Vania, Qodariah, S. (2019). Menumbuhkan Literasi Digital pada Anak Usia Sekolah 6- 12 Tahun. Prosiding Nasional Psikologi, 2, 1–9.

National Education Association. (2014). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator ’ s Guide to the “ Four Cs .” Los Angeles: NEA. Interact website: http://www.nea.org/assets/docs/AGuide-to-Four-Cs.pdf

Purba, L. S. L. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two StayTwo Stray (TS-TS) terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Koloid. EduMatSains, 1(2), 137-152.

Pusat Data Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. (2020). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota: Jakarta. Jakarta.

Wati, T. (2018). Pelatihan Manajemen Konten Berbasis Elearning Bagi Guru-Guru Pondok Pesantren Kelurahan Sasak Panjang, Kabupaten Bogor. ETHOS Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 6(2), 226-232. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/3236/pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ