Media Vocer untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 8-9 Tahun

Tiara Astari, Rohimi Zamzam, Ela Sri Lestari

Abstract


Urgensi kebutuhan penggunaan media belajar elektronik seketika menjadi perhatian penting dalam proses pembelajaran selama periode pandemi covid-19. Kondisi ini menuntut para pendidik untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan beragam sumber dan media belajar yang efektif bagi anak. Berdasarkan kebutuhan ini, peneliti mengembangkan media yang mudah untuk digunakan oleh anak dari rumah.   Penggunaan media VOCER (Voice Note Cerita) ini bertujuan untuk untuk mengembangkan kognitif bahasa anak usia 8 sampai 9 tahun, khususnya pada kemampuan bercerita. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 orang yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 19 laki-laki. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Proses tindakan dan pengumpulan data menggunakan aplikasi Whatsaap yang dapat diakses melalui smartphone, android dan laptop . Hasil tindakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam hal membaca lantang, intonasi yang jelas dan susunan kalimat yang cukup baik. Kemampuan mendengarkan volume suara, intonasi, ketepatan susunan kalimat  merupakan indikator penting dalam membantu kemampuan bercerita, berbahasa di sekolah maupun kehidupan sehari-hari. Adapun kelebihan dari media ini yaitu memudahkan siswa dalam bercerita dimasa Pandemi COVID-19, dengan bebas peserta didik dapat mengeluarkan emosional dari cerita yang ditentukan maupun memilih cerita. Disamping itu media ini juga memiliki kelemahan yaitu: jika dilakukan secara terus menerus, peserta didik mungkin merasa bosan dengan bercerita.  Saran perbaikan untuk pengembangan selanjutnya yaitu: praktikkan memotifikasi media VOCER ini menjadi media yang tidak hanya bercerita saja, namun dapat menanyakan profesi yang diinginkan peserta didik dan memintanya bercerita semua hal tentang profesi tersebut


Full Text:

PDF

References


Adam. Steffi dan Muhammad Taufik

Syastra. (2015). Pemanfaatan Media pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Dalam CBIS Journal, Volume 3 No 2: 79.

Desmita. 2009.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar 1994. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Lautfer. Ruth. (1993). Pedoman Pelayanan Anak.Malang Indonesia : Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia. Depdikbud, 1992. Materi Latihan Kerja Guru PMP SLTP. Penerbit Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah : Jakarta.

Maulana, A., Sekartaji, G. T., Arthur, R., & Dewi, L. K. (2019). Pengembangan Media Video Presentasi pada Mata Kuliah Hidrologi di Universitas Negeri Jakarta.

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Sukiyasa & Sukoco, 2013)Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137.

Sanjaya, Wina (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta:Prenada Media Grup.

Wardoyo, T. C. T., & Faqih Ma’arif, M. E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMKN 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, 5(4), 1–6.

http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index - All rights reserved.https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1. 1394 Jurnal Pendidikan Anak, Volume 5, Edisi 2, Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ